Pementasan Teater dan Pameran Poster

FBS-Karangmalang. Rabu (19/1) siang tampak kesibukan yang tidak biasa di Gedung C15 FBS UNY. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman sedang memajang poster-poster di dinding Ruang Seminar Cine Club. Beberapa di antaranya sibuk membenahi make up dan kostum yang dikenakan. Rupanya mereka sedang bersiap untuk menggelar Pementasan Teater dan Pameran Poster “Zwischen Zwei Kulturen”.

Menurut panitia pelaksana, kegiatan ini merupakan Klassenprojekt dari kelas A Reguler Angkatan 2009 Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY. Sekaligus, dimaksudkan sebagai ujian mata kuliah Sprechfertigkeit III.

“Saya bangga dengan kalian. Jaga kekompakan layaknya sebuah keluarga. Mari kita pikirkan bersama, cara belajar bahasa Jerman yang menyenangkan. Tunggu proyek kelas berikutnya dari saya,” ungkap Iman Santoso, M. Pd., selaku dosen pengampu.

Perpaduan antara budaya Jerman dan Indonesia yang dipadu apik dalam gambar dan warna menjadi daya tarik dari poster yang dipamerkan. Sedangkan teater yang disuguhkan pun banyak menampilkan kisah dari dua negara ini. Salah satu drama bercerita tentang Malin Kundang, cerita tentang seorang anak yang dikutuk menjadi batu karena durhaka pada ibunya. Meskipun diangkat dari cerita tradisional, nuansanya sangat berbeda karena dialognya dipentaskan dalam bahasa Jerman.  (Dyn)