Penggunaan Website Sekolah Perlu Digalakkan

www.smkkb.com
Link di atas akan membawa kita ke portal resmi Sekolah Menengah Kebangsaan Kulai Besar (SMK KB), Johor Bahru, Malaysia. Patut dibanggakan, website ini menempati  peringkat ke dua pengelolaan website sekolah terbaik tingkat negeri Johor Bahru. Menunjukkan bahwa pemanfaat TIK di sekolah-sekolah Malaysia khususnya SMK KB sudah optimal.

Penggunaan teknologi komunikasi tentu memudahkan berbagai urusan pengelolaan sekolah. Salah satunya kami, cikgu pelatih (mahasiswa PPL-LN) yang mendapat kesempatan mengajar di sana 29 Juni sampai 26 Juli 2013 lalu, dimudahkan dengan adanya informasi lengkap mengenai sekolah di portal resmi tersebut untuk melengkapi ROS (Laporan Observasi Sekolah) yang ditugaskan oleh pihak Universitas Negeri Malaysia (UTM). Dalam tempo PPL yang sangat singkat–hanya satu bulan, adanya informasi sekolah ini sangat membantu mengenal profil sekolah dengan lebih detail.

Kemudahan ini tidak hanya terkait info profil sekolah. Kami pun dengan mudah memahami pengaturan kurikulum, ko-kurikulum, kepengurusan sekolah, dan hal-hal lain tentang situasi sekolah. Bahkan pengaturan jadwal mengajar bisa dengan mudah dibuat dengan memanfaatkan teknologi ini. Tentu pemanfaatan teknologi ini didukung adanya SDM yang mempunyai kemampuan. Di SMK KB, setiap pengurus sekolah memahami betul manfaat dan bagaimana menggunakan TIK. Salah satunya Penolong Kanan (Wakil Kepala Sekolah) yang dengan gesit mempresentasikan profil sekolah dan mengatur jadwal mengajar kami dengan alat bantu portal resmi dan sistem pengaturan online sekolah.

Patut diapresiasi positif dan ditiru pelaksanaannya di Indonesia, pemanfaatan fasilitas-fasilitas informasi online sebaiknya digunakan secara masiv. Saat ini, pengelolaan website yang profesional memang baru terlihat dilakukan oleh perguruan tinggi atau universitas. Perlu ada pembiasaan penggunaan media online di tingkat sekolah-sekolah menengah dan dasar. Ini akan menciptakan suasana yang lebih dinamis, agar informasi dari sekolah dapat tersebar secara cepat dan efektif.

Perkembangan media online akhir-akhir ini memang sangat cepat. Keterlambatan pewacanaannya kepada warga sekolah dapat menghambat jaringan sekolah dengan pihak luar. Siswa dan guru yang tidak terbiasa dengan teknologi informasi akan tertinggal jauh dengan warga sekolah yang memanfaatkan TIK dengan optimal. Karena itu, penting untuk mengenalkan dan memasivkan penggunaan TIK agar warga sekolah tidak gagap teknologi. (D.Wulan/Humasfbs)