Pentas Monolog ‘Pralambang’ Hasil Kolaborasi Tiga Sanggar Kesenian

FBS-Karangmalang. Komunitas Teater Lumbung Artema, Sanggar 28 TERKAM (Teater Kampus) Institut Sains dan Teknologi ‘AKPRIND’, dan Sanggar Kesenian Kolaborasi (SANGKALA) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY menggelar pentas monolog dalam bahasa Jawa yang berjudul Pralambang. Pementasan yang bertempat di Laboratorium Karawitan tersebut menampilkan Robitul Wafa sebagai aktor.

Aksi Robitul Wafa yang bertempat di laboratorium karawitan FBS (23/3) tersebut digarap oleh tiga sanggar kesenian. Komunitas Teater Lumbung Artema sebagai penggagas acara menyiapkan keperluan produksi dan aktor, Sanggar 28 Terkam Institut Sains dan Teknologi ‘AKPRIND’ mengurus keperluan artistik, dan SANGKALA FBS UNY mengatur keperluan lighting saat pementasan berlangsung.

Saat ditanyai terkait naskah monolog yang ditulis dalam bahasa Jawa, R. Windhi selaku sutradara mengemukakan alasannya. “Saya dan teman-teman orang Jogja. Ayo kita kembali ke Jawa. Urgensi dari pementasan ini juga berangkat dari wacana yang akan menggabungkan pengajaran bahasa Jawa dengan pelajaran seni budaya. Ini wujud prihatin kami,” tuturnya. (DjWonga/HumasFBS)