Pentas Teater Kampus: Kolaborasi UNY, UNS, dan IAIN Walisongo

FBS-Karangmalang. Bulan September, “Kampus Ungu” FBS dibanjiri kolaborasi kesenian dari UNY, UNS, dan IAIN Walisongo Semarang. Pentas yang dimotori oleh UKMF Sangkala (Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Sanggar Kolaborasi Mahasiswa) resmi dibuka oleh Wakil Dekan III FBS UNY Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd., pada Kamis malam (12/09) di depan PKM FBS. Serangkaian pentas teater kampus yang bertajuk Joglo Semar “Nguripi, Ngguyubi, Bebarengan”, diselenggarakan pada tanggal 12-17 September di kampus FBS UNY.

Serangkaian pentas ini diselenggarakan atas kerjasama antarormawa kesenian Sangkala FBS UNY, UNS, dan IAIN Walisongo Semarang. Jadwal serangkaian pertunjukan teater tersebut diantaranya:
(1) Pembukaan Pentas Teater Kampus 12 September di PKM FBS Pukul 19.00- selesai (htm: free).
(2) Pentas monolog dengan naskah Aktor Tak Bernyawa karya M.Shodiq dan Sttt...diam! karya Giri Ralomo pada Jumat 13 September di Lab. Karawitan Pukul 19.00-selesai (htm: Rp 2.500,-).
(3) Pentas drama oleh teater Beta IAIN Walisongo Semarang dengan naskah Cangkir Sang Pemahat karya Ali Taufik Ismail, tanggal 14 September di Lab. Karawitan Pukul 19.00-selesai (htm: Rp 5.000,-).
(4) Pentas drama oleh teater Delik UNS dengan naskah PAKSA karya Yusuf Kurniawan, pada 15 September di Stage Tari Pukul 19.00-selesai (htm: Rp 5.000,).
(5) Pentas monolog denga naskah Solidaritas karya M. Shodiq di Pedapa Tejokusumo, tanggal 16 September Pukul 19.00-selesai (htm: free).
(6)  Diskusi teater pada tanggal 17 September di Pedapa Tejokusumo Pukul 19.00-selesai (htm: free). Pemesanan tiket atau informasi lebih lanjut dapat menghubungi: 085643741942 (Ali Hasan/Jimbe) atau 08994146978 (Uyung).

Acara kesenian kampus ini pun mendapatkan tanggapan positif dari warga UNY. “Aku sangat apresiatif sekali dengan acara seni di kampus FBS ini. Acaranya asyik dan keren, karena ada kolaborasi seni musik, seni rupa, dan sastranya,” tandas Zizi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu, napas kesenian yang diselenggarakan oleh kerjasama Sangkala dan tim, menggugurkan kredo “kampus tanpa kesenian adalah kebun binatang”: bahwa pentas teater kampus Joglo Semar dapat mewarnai dinamika seni pertunjukan di FBS UNY. Mari meriahkan, dan salam budaya! (Rony/Humasfbs).