Perpustakaan FBS: Ruang Baru Berhati Nyaman

FBS-Karangmalang. Akhir April, Perpustakaan FBS berpindah ruang. Jika dulu terletak di timur Tedjokusuma, sekarang menempati sebuah ruang di gedung Kuliah FBS. Ruangan bercat putih ini tampak luas sehingga pengunjung lebih leluasa beraktivitas. Seorang mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris, Fendri mengaku telah tiga kali berkunjung ke ruangan ini. “Ruangan perpustakaan sekarang cukup terang dan lebih dingin. Saya merasa lebih nyaman untuk membaca di pespustakaan,“ ungkap Fendri.

 

Selain luas, perpustakaan ini dilengkapi sarana prasarananya seperti rak-rak buku dan komputer yang terhubung dengan internet. “Dengan ruangan yang lebih layak ini, kami berusaha untuk bisa memberikan pelayanan yang maksimal,” tutur Waliantoro, Petugas perpustakaan.

 

Untuk mendukung fungsi perpustakan, para petugas pun berusaha memaksimalkan pelayanan dalam perpanjangan masa pinjam buku melalui penggunaan jejaring sosial Facebook. “Mahasiswa tidak perlu datang ke pespustakaan untuk memperpanjang masa buku, mereka bisa mengirim pesan dinding berisikan permohonan atau pemberitahuan memperpanjang masa pinjam dengan cara menuliskan nama peminjam, NIM, dan kode buku yang dipinjam,“ ungkap Waliantoro.

 

Kini perpustakaan FBS menampung 6530 eksemplar dengan 3646 judul buku. Perpustakaan FBS juga menyimpan 2515 judul skripsi dan 105 laporan penelitian. Untuk menambah khasanah wawasan, perpustakaan FBS juga berlangganan berbagai majalah seperti TEMPO, Diksi, Parta Widya, Litera, Imaji dan Visual Art.

 

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, petugas menyediakan beberapa koran harian yang letaknya tak jauh dari kursi Sofa. Di tempat inilah biasanya pengunjung menghabiskan waktunya untuk membaca pelbagai koleksi media, seperti Kedaulatan Rakyat, Kompas dan Jakarta Post. (Febi)