PKM Wajib bagi mahasiswa berbeasiswa

FBS-KARANGMALANG, Ramadhan kali ini bertepatan dengan libur panjang pergantian tahun (Penerimaan Mahasiswa Baru). Kelas-kelas tampak sepi , namun lain dengan gedung PLA lantai 1 khususnya bagian kemahasiswaan  tampak antrian panjang mewarnai loket ruangan ini.

Puluhan Mahasiswa dari berbagai jurusan antri  mengambil Proposal PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa), program ini sebagian besar didanai DIKTI dan melalui tahap penyeleksian. Mahasiswa membentuk satu kelompok dengan minimal 3 orang dan maksimal 5 orang. Masing-masing kelompok membuat satu judul yang akan diajukan. Dan masing-masing mahasiswa diperbolehkan mengikuti lebih dari satu judul dengan kelompok berlainan. Puluhan mahasiswa yang antri pada hari Rabu, (25/8) hendak mengambil proposal yang telah di-review (telah dikoreksi) untuk direvisi masing-masing kelompok. Paling lambat dikumpulkan Jumat, 27 Agustus 2010.

Tahun ini PKM diwajibkan bagi Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa PPA dan BBM. Pengajuan Proposal ini sebagai pra-syarat sebelum memperoleh Surat Rekomendasi pencairan beasiswa. Listi Ikawati, Mahasiswa Bahasa Inggris mengungkapkan dirinya berminat mengambil PKM-M (PKM jenis Pengabdian Masyarakat).

“Saya mengambil jenis PKM-M karena program ini lebih terasa manfaatnya bagi obyek sasaran, kebetulan kelompok saya mengambil sasaran anak-anak SLB, namun tidak menutup kemungkinan  semua jenis PKM bermanfat. PKM-M ini juga membantu kita mengetahui bagaimana format penulisan proposal skripsi, di samping membantu mendobrak mahasiswa menggali inspirasi dan ide baru,” tegas Listi.

Dewi Masitoh, mahasiswa Bahasa Inggris angkatan 2008 menambahakan “Sebenarnya mahasiswa mampu menciptakan ide berlian, mungkin diantara kita hanya malas saja untuk mencoba, PKM yang tahun lalu tak sebanyak saat ini yang mengikuti, namun setelah PKM diwajibkan sebagai syarat pencairan beasiswa, baru semua mahasiswa terbangun dari tidurnya, intinya kita harus memaksa untuk berfikir agar ide bermunculan,” tegas Dewi sambil tersenyum. (ARUM)