RAPAT DEWAN DOSEN DAN PEMBAHASAN REMUNERASI - SKP

FBS-Karangmalang. Menjelang dimulainya awal perkuliahan semester genap tahun ajaran 2015/2015, pada hari Kamis (04/02/2016) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menyelenggarakan rapat dewan dosen dan karyawan. Rapat besar ini diselenggarakan di ruang seminar PLA. Rapat diawali dengan laporan Dekan dan masing-masing jajarannya tentang rencana FBS dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Wakil Dekan 1 melaporan tentang capaian mahasiswa dan evaluasi pembelajaran yang terjadi di semester sebelumnya. Salah satu yang menjadi perhatian bidang akademik ialah tentang waktu penulisan tugas akhir (TA) yang idealnya selama 6 bulan atau 1 semester saja.

Wakil Dekan II atau bidang keuangan memaparkan beberapa rencana kerja yang diharapkan berjalan pada tahun 2016. Penataan ruang kuliah dan sarana lain, penataan manajemen keuangan, penataan manajemen perkantoran dan kepegawaian, penataan kerumahtanggaan, serta peningkatan income gathering menjadi perhatian beliau. Pembangunan performance stage yang telah mencapai tahap pembuatan desain direncanakan akan diselesaikan selama tahun 2016 ini. Selain itu keberadaan teknologi informasi akan dimanfaatkan dalam pengelolaan data tiap sub bagian di FBS dengan membangun sistem informasi manajemen. Melalui sistem informasi ini diharapkan dapat mempermudah birokrasi dan kinerja di lingkungan FBS.

Wakil Dekan III yang menangani bidang kemahasiswaan memprioritaskan sukses PEKSIMINAS, PIMNAS dan peningkatan prestasi mahasiswa dengan melibatkan dosen untuk mengidentifikasi mahasiswa yang berbakat dalam bidang seni dan memiliki kemampuan dalam bidang penalaran, memfasilitasi dengan memberikan kesempatan untuk berkembang secara maksimal, mengarahkan dan membina mahasiswa sesuai dengan minat, bakat dan prestasinya. Selain itu dalam rangka memperkokoh nasionalisme, beliau juga mengadakan program baru TUTORIAL KEBANGSAAN dan program rintisan kewirausahaan mahasiswa maupun berbasis jurusan. Pemaparan rencana kerja wakil dekan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan coffe break.

Sesi selanjutnya memaparkan tentang sosialisasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan penerapan remunerasi dengan narasumber Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. (Kepala Biro Umum, Perencanaan dan Keuangan UNY). Secara sederhana renumerasi merupakan imbalan kerja yang dapat beruapa gaji, tunjangan tetap, honorarium, insentif, bonus atau prestasi, pesangon, dan/atau pensiun. Renumerasi diterapkan berdasarkan PMK 71 Tahun 2013 tentang pengadaan standar biaya. Remunerasi diberikan berdasarkan tingkat tanggung jawab dan tuntutan profesionalisme. Besar kecilnya biaya remunerasi berdasarkan beban kerja yang dievaluasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Diharapkan melalui sosialisasi remunerasi dan SKP ini kelak tidak ada lagi simpang siur dalam penentuan kebijakan pengeluaran biaya dan honorarium. Acara berakhir pukul 12.00 dilanjutkan istirahat bersama.