REKTOR UNY: UNIVERSITAS MEMFASILITASI PENGEMBANGAN KAPASITAS DOSEN

FBS-Karangmalang. Untuk mencapai visi Universitas Negeri Yogyakarta menjadi universitas kependidikan kelas dunia pada 2025 diperlukan grand desain yang jelas dan terukur sekaligus kesatuan gerak seluruh sivitas akademika. Program-program unggulan yang telah dirancang akan terwujud ketika terjalin sinergitas antar elemen di UNY, termasuk dukungan seluruh dosen. Oleh karena itu, tahap pertama pada 2017 ini UNY secara intensif melakukan koordinasi internal untuk membangun sinergitas gerak, sehingga target-target tiap periode dapat tercapai dengan baik. Demikian, dipaparkan Prof. Dr. Sutrisna Wibawa saat mengawali materinya dalam Program Roadshow Perkembangan Program Prioritas UNY 2017 di Gedung Kuliah I, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta pada Rabu (14/6/2017).

Salah satu prioritas 2017 adalah program untuk meningkatkan pemeringkatan UNY dan kualitas tridharma perguruan tinggi. Ada beberapa langkah yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, antara lain peningkatan kualitas dan kuantitas riset, peningkatan publikasi ilmiah di jurnal bereputasi nasional dan internasional, peningkatan akses publikasi dosen dengan mengunggah karya dosen secara daring untuk meningkatkan sitasi karya buku, tesis, dan disertasi, peningkatan akses terhadap lembaga-lembaga pengindeks dan peningkatan capaian HAKI. “Universitas akan memfasilitasi para dosen yang melakukan pengurusan HAKI. Menurut saya, Fakultas Bahasa dan Seni memiliki potensi yang sangat besar dan kami akan support semua itu,” jelas Sutrisna Wibawa yang disambut tepuk tangan antusias dari para dosen.

Selain itu, prioritas 2017 diarahkan pula pada pengembangan bidang akademik, peningkatan kapasitas dosen, dan akreditasi program studi. “Universitas akan mendorong dan memfasilitasi para dosen untuk studi lanjut, mendorong percepatan kenaikan jabatan dosen, dan pengembangan keilmuan dosen,” tambah Pak Tris. Selain memaparkan program-program prioritas terutama untuk 2017, Rektor UNY juga menjelaskan model kepemimpinan yang sebaiknya dikembangkan untuk mencapai visi UNY 2025, yaitu kepemimpinan yang transformasional, partisipatif, dan kolegialitas. “Hanya dengan kepemimpinan yang visioner dan mendorong partisipasi seluruh warga UNY untuk berperan sertalah kita akan mencapai visi universitas, yaitu menjadi universitas kependidikan kelas dunia pada 2025,” tambah guru besar bidang filsafat Jawa tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Widyastuti Purbani, dekan FBS UNY menegaskan bahwa setiap dosen semestinya mendukung dan bekerja bersama untuk merealisasikan program-program prioritas universitas. “Hanya dengan cara kita mendukung dan bekerja bersamalah kampus ini akan menjadi jauh lebih maju,” ungkap Bu Wid saat memandu pemaparan Rektor UNY di FBS UNY. [dby]

Info Kepegawaian

Error | Fakultas Bahasa dan Seni

Error message

  • Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /data/websiteuny/public_html/includes/common.inc:2777) in drupal_send_headers() (line 1486 of /data/websiteuny/public_html/includes/bootstrap.inc).
  • Error: Class 'FeedsHTTPCache' not found in feeds_cron() (line 82 of /data/websiteuny/public_html/sites/all/modules/feeds/feeds.module).

Error

The website encountered an unexpected error. Please try again later.