Rombongan Putih Abu-abu Bertandang ke Kampus Ungu

FBS-Karangmalang. Selalu ada harapan dan tujuan dalam sebuah perjalanan. Demikianlah yang dapat menjadi ilustrasi antusiasme siswa SMA Negeri Adipala Cilacap tatakala bertandang ke Kampus Ungu Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) pada Kamis (27/06). Pagi itu kira-kira Pukul 10.00 WIB rombongan siswa dan guru SMAN Adipala disambut hangat oleh Ketua Tim Kerjasama FBS, Herman, M.Pd.

Rombongan yang berjumlah 250 siswa itu turun di depan gedung Pusat Layanan Akademik (PLA), kemudian menuju Ruang Seminar gedung PLA Lantai III. “Kampusnya gede ya,” tutur Adi, salah seorang siswa yang kagum dengan FBS. Meskipun telah menempuh jarak jauh antara Cilacap-Yogyakarta, raut wajah semangat rombongan siswa Adipala pun tampak jelas. “Kami tadi berangkat jam 06.00 pagi dari Cilacap,” ujar Krajan, M.Pd., selaku ketua rombongan. Itikad untuk belajar yang dimiliki para siswa Adipala terbayar sudah tatkala semua rombongan Adipala duduk manis di Ruang Seminar PLA lantai III.

Dipandu Ibu Rani Eryani, Sekretaris Humas FBS, acara kunjungan dari SMAN Adipala Cilacap ke FBS berjalan baik dan lancar. Sambutan dari perwakilan SMAN Adipala pun direspon tepuk tangan riuh oleh para siswanya. “Terima kasih atas izinnya dari pihak FBS UNY untuk menerima rombongan kami dengan baik. Di sini, kami ingin belajar terkait mekanisme seleksi menjadi mahasiswa UNY, “tutur Krajan, M.Pd. yang merangkap sebagai ketua urusan humas SMAN Adipala. Acara studi wisata ke Kampus Ungu itu diterima baik oleh Dr. Widyastuti Purbani, M.A. (Wakil Dekan I) serta Herman, M.Pd. (Ketua Tim Kerjasama FBS).

Dialog akademik pun dimulai ketika Krajan, M.Pd. mengajukan pertanyaan ke WD I terkait mekanisme pendaftaran ke UNY. “Sebagai salah satu kampus PTK negeri di Indonesia, UNY menyeleksi calon mahasiswa barunya melalui; SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri (SM). UNY juga menyediakan beasiswa Bidik Misi bagi siswa yang dinilai kurang mampu secara ekonomi,” tutur Dr. Widyastuti Purbani, M.A. Sebagai respon atas pertanyaan dari Krajan, M.Pd., Herman menambahkan hal ihwal beasiswa yang ditawarkan UNY. “Banyak sekali beasiswa yang disediakan UNY bagi para mahasiswanya. Selain Bidik Misi, ada pula beasiswa PPA, BBM, Supersemar, dan masih banyak beasiswa swasta lainnya,” tutur jelasnya.

Paparan informasi akademik tersebut membuat siswa Adipala tak ketinggalan atmosfir diskusi. Salah satu siswa dari Adipala pun bertanya tentang program kemahasiswaan yang ditawarkan FBS. “Patut diketahui oleh adik-adik siswa, bahwa kampus FBS itu tak pernah redup. Acap kali mahasiwa itu kalau malam hari tetap latihan. Di FBS juga keormawaan yang terdiri dari BEM, DPM, HIMA, UKMF, serta komunitas seni lainnnya,” tutur Wakil Dekan I. Selain itu, Herman juga menambahkan tentang kegiatan mahasiswa dikancah internasional. “Mahasiswa FBS juga banyak berprestasi dikancah internasional. Tahun ini FBS juga akan memberangkatkan 11 mahasiswanya ke Naresuan University Thailand. Ini sebagai bukti bahwa FBS juga pro aktif dalam kegiatan keinternasionalan,” ujarnya. (Rony/Humasfbs)