Sanggar Seni Tari Pradnya Widya, Wahana Berkesenian FBS dan Masyarakat

FBS-Karangmalang. Sebagai kampus humanis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) tak hanya menyediakan wahana berkesenian bagi mahasiswanya. Untuk mewujudkan anak Indonesia  yang terampil berolah seni dengan sikap, perilaku dan budi pekerti luhur sesuai dengan budaya Indonesia, tak heran sejak 1990 FBS memiliki sebuah Sanggar Seni Tari bernama Pradnya Widya.

Sanggar ini merupakan Sanggar yang dikelola oleh dosen-dosen jurusan Pendidikan Seni Tari FBS dan melibatkan para alumninya maupun mahasiswa. “Sanggar ini terbuka untuk umum dan bagi yang ingin mempelajari tari lebih dalam.” Demikian tutur Dra. Titik Putraningsih, M.Hum.

Diambil dari blog resmi sanggar ini, Pradnya Widya memiliki kelebihan tersendiri dalam mendidik siswa-siswanya dibanding dengan sanggar lain. Selain lokasinya yang berada di area kampus dan mendapat fasilitas yang cukup, pendidik tari di sanggar ini juga merupakan mahasiswa seni tari yang berpredikat terbaik, sehingga proses pelaksanaan pembelajaran dan pelatihan pun disesuaikan dengan kaidah pendidikan.

Kegiatan evaluasi yang dilaksanakan oleh sanggar Pradnya Widya setiap enam bulan sekali adalah berupa penilaian kelas serta dilakukannya pementasan untuk masing-masing kelas tari. Sanggar Pradnya Widya yang selalu aktif di hari minggu ini menjadi salah satu Sanggar Tari yang masih bisa bertahan untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya melalui kegiatan tari.

Para peserta didik nantinya akan diberikan beberapa materi tari seperti tari Yogyakarta, Surakarta, Bali, dan Tari Kreasi Baru. Materi tari diberikan rutin setiap hari minggu jam 08.00-11.00 WIB, bertempat di pendapa Tedjokusumo UNY. Bagi Anda yang berminat, info lebih lanjut bisa mendatangi Pendopo atau berkunjung ke alamat blog berikut http://sanggarpradnyawidya.blogspot.com/. (Fitri Ananda/HumasFBS)