Sebelas yang Ketujuh SANGKALA

FBS-Karangmalang. Peringatan hari ulang tahun SANGKALA yang ketujuh telah dilaksanakan pada hari Senin (11/01/2016). Acara yang diselenggarakan di aula PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) FBS  UNY tersebut dibuka dengan alunan solo gitar Desvandi, tepat pada pukul 20.00 WIB. Ulang tahun SANGKALA kali ini terasa lebih meriah dari peringatan sebelumnya, karena banyaknya komunitas teater yang menyempatkan diri hadir, di antaranya komunitas teater dari Bandung, Semarang, Jogja dan sekitarnya dan tentu saja mahasiswa di lingkup FBS.

Sebelumnya, Adif Setiyoko selaku ketua SANGKALA memberikan sambutan singkatnya yang disempurnakan dengan pembacaan puisi yang dibuat oleh ibu Kun yang berjudul “Kebenaran”. Acara ini dikemas dengan konsep ala anak teater dengan memafaatkan hal-hal sederhana namun dapat digunakan sebagai properti bahkan setting. “Mungkin bagi kita kertas HVS tidak terlalu penting, tetapi bila digunakan dengan kreatifitas dan komposisi pencahayaan akan menjadikan hal yang indah,” tutur Wakil Dekan 3, Ibu Kun Setyaning Astuti dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan  pertunjukan dari anggota SANGKALA, game show, pemotongan tumpeng oleh ketua pertama sekaligus pendiri SANGKALA yaitu M. Shodiq kepada Adif sebagai ketua aktif saat ini. Pemotongan tumpeng adalah acara puncak yang salalu ada di setiap peringatan ulang tahun SANGKALA. Acara juga dirangkai dengan pembacaan sejarah berdirinya SANGKALA di FBS, serta panggung bebas yang diperuntukkan kepada seluruh peserta yang ingin mempersembahkan pementasan ataupun sekedar memberikan kesan dan pesan untuk SANGKALA.

SANGKALA merupakan singkatan dari Sanggar Kesenian Kolaborasi yang merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) FBS di bidang kesenian. SANGKALA menjadi salah satu unit kegiatan yang mewadahi berbagai kreatifitas mahasiswa dan mengolaborasikan antara semua jurusan bahasa dan seni yang ada di lingkungan FBS. SANGKALA diharapkan dapat menjadi poros dalam penciptaan iklim kesenian di lingkup FBS. (Rahma Aisyah – Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkt. 2014).