Sehari Belajar Kepariwisataan bersama HIPER

FBS-Karangmalang. “Di FBS kami belajar bahasa dan seni, kami juga harus tahu prospek ke depan dari yang kami pelajari ini. Pariwisata adalah salah satunya,” ungkap Heni Kartikasari, ketua pelaksana Seminar Sehari Kepariwisataan HIPER (HIMA Perancis). Seminar ini dilaksanakan Sabtu (13/4) di Ruang Seminar Gedung Kuliah I Lantai 2 FBS UNY.

Ketua Forum Français Profésionelle, Ari Dwi Karyanto menyampaikan materi pertama. Selanjutnya, materi disampaikan oleh perwakilan Himpunan Pramuwisata Indonesia yaitu Doni dan freelance-guide, Maftukhah. Panitia sengaja mendatangkan pembicara yang benar-benar ahli dalam sektor kepariwisataan agar peserta mendapatkan materi terbaik dan aplikatif. Tak heran, banyak peserta yang berminat untuk mengikuti seminar ini.

Sebagian besar peserta seminar adalah mahasiswa baik dari UNY, maupun dari universitas lain seperti UGM. Selain itu, datang pula peserta dari akademi kepariwisataan  AMPTA dan STTP, serta masyarakat umum yang bekerja di sektor perhotelan. Dalam seminar ini peserta diberi wawasan pariwisata dan pengelolaannya, kiat-kiat untuk terjun di dunia pariwisata, dan segala hal yang penting diketahui ketika menekuni sektor pariwisata. “Materinya bagus sekali, sangat bermanfaat!” kata salah satu peserta.

Melalui seminar ini, panitia berharap peserta dapat memahami seluk-beluk kepariwisataan yang sangat berpotensi untuk ditekuni. Sektor pariwisata merupakan sektor yang sangat menjanjikan mengingat Indonesia memiliki aset pariwisata yang tak terhitung banyaknya. Oleh karena itu, sektor pariwisata dapat dijadikan alternatif yang sangat baik terutama bagi mahasiswa bahasa dan seni. (Zakiyah/HumasFBS)