Seleksi Calon Peserta “Student Exchange 2”

FBS-Karangmalang. Berbagai cara dilakukan demi memperluas wawasan mahasiswa kaitannya dengan dunia pendidikan. Setelah berhasil mengirimkan sembilan mahasiswa dalam program student exchange (pertukaran pelajar) ke Naresuan University Thailand tahun lalu, tahun ini FBS telah kembali mengadakan seleksi calon peserta student exchange periode kedua. Program ini merupakan implikasi dari MoU yang telah ditandatangani antara UNY dan Universitas Naresuan.

Mekanisme penyeleksian berawal dari surat undangan dari dekan yang disampaikan langsung pada masing-masing jurusan. Setelah itu, setiap jurusan berwenang menyeleksi satu orang mahasiswa dari jurusannya yang nantinya akan ikut serta dalam program ini. Secara umum, persyaratan yang ditetapkan diantaranya mahasiswa aktif angkatan 2009-2011, memiliki IPK dengan batas yang telah ditetapkan, aktif beroraganisasi, berkemauan kuat untuk mengikuti program ini, dan administrasi lain yang harus dipenuhi. Kesebelas mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi diantaranya Resti Suryati (P.B. Perancis), Ardi Magara (P.S. Musik), Nindya Aprilia (PBI), Umma Wahidatuz Zuhriyah (P.B. Jawa), Sinta Yuliani Alviningrum (Sasing), Almira Ghassani Shabrina Romala (Sasing), Rony Kurniawan Pratama (PBSI), Rahma Kurnia Novitasari (P.B. Jerman), Ni Luh Putu Wiardani Astuti (P.S. Tari), Hanifa Ajeng Askara (P.S. Rupa), dan Eka Sukmawati (P.S. Rupa).

Menurut Herman, M.Pd. Ketua Tim Kerjasama FBS UNY, program ini akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. “Rencananya, kami akan memperpanjang waktu, dari yang semula seminggu menjadi dua minggu,” jelasnya. Program student exchange ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa dengan dunia pendidikan di luar negeri. Tak hanya itu, mahasiswa diharapkan mampu memilah dan mengadaptasi iklim pendidikan di luar negeri, khususnya Thailand. “Dengan begitu, setiap mahasiswa yang berangkat mampu menjadi pioneer di lingkungannya dan siap berbagi wawasan demi perbaikan mutu belajar.” ungkapnya. (Yohana/Humasfbs)