SOSIALISASI VAKSIN COVID-19 BAGI DOSEN DAN KARYAWAN FBS UNY

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

SOSIALISASI VAKSINASI COVID-19 DI LINGKUNGAN FBS UNY.

Senin (15/02/2021) FBS UNY menyelenggarakan acara Sosialisasi Vaksinasi Covid-19  di lingkungan UNY dengan narasumber Dr. dr. Priyo Sudibyo, M. Kes., SPM,  Ketua C3 (Covid Crisis Center)  UNY,  yang diikuti oleh seluruh dosen dan karyawan FBS UNY.Dekan FBS UNY  Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum dalam sambutan dan arahannya menyampaikan harapan agar seluruh dosen dan karyawan FBS UNY  mendapat pencerahan,  yang tadinya bingung, was-was  merasa ragu atau ingin tahu agar dapat disampaikan di forum ini, agar rencana vaksinasi bagi tendik dan tenaga kependidikan pada saatnya bisa berjalan dg baik.Meski semua dosen dan karyawan telah didaftarkan,  pada saatnya nanti sebelum divaksin akan terlebih dahulu dilakukan screening/cek, apabila tidak untuk diberikan vaksin karena kondisi tertentu  memungkinkan bisa ditunda atau tidak jadi divaksin.

Dr. dr. Priyo Sudibyo, M. Kes., SPM. dalam paparannya menjelaskan banyak hal antara lain  bahwa awal 2021 pemerintah telah mencanangkan vaksinasi Covid-19 dan   sebetulnya mewajibkan vaksin bagi seluruh warga negara. Ada 9  jenis  vaksin yang telah diberikan pemerintah, antara lain adalah Sinovac, dan Sinopharm,  yang mengandung inaktivatif virus ( virus yang sudah  dimatikan), jadi tidak akan menyebabkan infeksi. Vaksin ini nantinyan  akan membentuk antibody, sehingga tidak perlu khawatir. Vaksin jenis ini juga sudah diberikan antara lain kepada tenaga Kesehatan, dan para pejabat tinggi negara. Tidak benar bahwa Covid-19 ini tidak apa-apa, karena tingkat penularan sangat tinggi dan kapasitas pelayanan RS sangat terbatas. Ini menjadi perhatian kita semua sebagai ASN, tenaga profesional sebagai saintis, harus memberikan contoh dengan berpikir secara saintis juga bahwa vaksin ini memang perlu kita berikan kepada semua masyarakat Indonesia untuk membentuk herd imunity.Bagi  pemilik penyakit jantung, hipertensi, diabetes selama terkontrol dengan pengobatan tetap bisa divaksinasi.

Acara diakhiri tanya jawab yang diikuti secara antusias oleh peserta, membuktikan semangat warga FBS UNY untuk mensukseskan program Vaksinasi Covid-19 bagi dosen dan karyawan di lingkungan FBS UNY. (dwiretnosa)