SYAWALAN KELUARGA BESAR FBS UNY

FBS-Karangmalang.  Keluarga Besar FBS menggelar syawalan di Pendopo Tedjokusuma pada Sabtu (25/9) pukul 08.30 WIB. Acara ini dihadiri seluruh dosen, karyawan, perwakilan ormawa, dan undangan. Acara syawalan ini diawali dengan musik islami oleh Sanggar Kreatifitas Mahasiswa (Sarkema), dengan nuansa lagu-lagu rohani.

Dekan FBS, Prof. Dr. Zamzani, dalam kesempatannya memberikan sambutan menekankan kesadaran kembalinya manusia pada fitrah yang disertai adanyapeningkatan amal kebaikan dan saling mendoakan. Beliau juga mengajak kita semua melupakan kebaikan yang pernah kita lakukan dan mengingat kebaikan orang yang pernah berbuat baik kepada kita. Sebaliknya, kita harus mengingat kesalahan yang  pernah kita buat dan melupakan kesalahan orang lain terhadap kita.

Acara ini juga diisi dengan tausiyah dari Dr. Maksudin, M. Ag., Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam tausyahnya beliau memberi uraian mengenai makna idul fitri sebagai hari kemenangan karena telah berhasil menunaikan ibadah puasa dan amalan-amalan di bulan suci Ramadhan. Di samping idul fitri yang bermakna kembali berbuka, namun beliau menekankan pada makna idul fitri sebagai kembali pada fitrah. Dalam implementasinya ada 7 poin yang harus di tekankan antara lain mencintai kesucian, agama yang dipeluk, kedamaian, kebersamaan, kebenaran, keadilan, dan kejujuran. Tiga kunci yang berkenaan dengan syawalan yaitu ‘afwun bi ‘afwan (saling meminta dan memberi maaf), halalun bi halalin (saling menghalalkan) dan doa’un bi doa’in (saling mendoakan).

Acara syawalan dilanjutkan dengan ikrar syawalan yang dibaca secara bersama, kemudian pamitan haji, dan dilanjutkan dengan pamitan dosen karyawan yang purna tugas serta perkenalan karyawan FBS yang baru. Acara ditutup dengan musikalisasi puisi oleh Sarkema. (Arum)