WORKSHOP PANGKALAN DATA AKADEMIK FBS UNY

FBS-Karangmalang. Berawal dari meningkatnya kebutuhan akan ketersediaan dan keamanan data akademik, maka tim IT FBS UNY menggagas sebuah program yang tidak hanya mampu menyediakan data akademik, tetapi juga segala macam data yang berkaitan dengan kepentingan jurusan maupun fakultas.

Program yang dijuluki sebagai Pangkalan Data Akademik ini  dibuat sejak Juli 2011. Selain berfungsi sebagai back-up data dari Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), program ini juga mengintegrasikan semua data jurusan dan fakultas secara digital, baik data dosen dan karyawan maupun profil jurusan. Hal ini sangat penting, terutama untuk kepentingan akreditasi maupun pengajuan hibah kompetisi.

Demi kelancaran pengembangan program di masa depan, pada Jumat (21/10) di Dream Lab diadakan workshop terkait Pangkalan Data Akademik FBS UNY. Sebanyak 25 orang admin jurusan dan fakultas mengikuti workshop ini. Mereka melakukan brainstorming dan mengumpulkan usulan-usulan agar program ini dapat bekerja lebih optimal.  Para admin tampak antusias menyambut program baru ini, mereka berharap Pangkalan Data Akademik dapat mempermudah kinerja dalam memberikan layanan yang terbaik kepada civitas akademika FBS UNY.

Penangggung Jawab program, Ardi Ariyanto, S.Pd. menjelaskan bahwa sementara ini Pangkalan Data Akademik hanya dapat diakses oleh admin jurusan dan fakultas, sehingga tingkat keamanan data lebih terjamin. “Kami terus berupaya memperbaiki konten dan tampilan program, sebelum meng-online-kan program ini,” ungkapnya. Masih dari Ardi, “Selanjutnya kami akan mengundang para sekretaris jurusan untuk mendapatkan masukan yang lebih mendalam tentang Pangkalan Data Akademik.”  (Diyan)