Al-Huda: Perhelatan FNY

FBS-Karangmalang. Suasana meriah mewarnai Stage Tari Tedjokusuma, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) akhir Juni lalu (29-30/6) dengan digelarnya perhelatan akbar Festival Nasyid Yogyakarta#2 (FNY #2). Acara yang dimotori Dinas Pariwisata Provinsi DIY ini adalah kerjasama Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) cabang Yogyakarta dengan Al-Huda, FBS UNY.

Tampil sebagai juri Era Sugiarso selaku produser, penggiat nasyid Rahmad Suabadi (Bidang Pengembangan Dinas Pariwisata Provinsi DIY), dan Cipto Budi Handoyo (dosen Seni Musik FBS UNY).

Untuk sistem penjurian pada FNY#2 ini pada awalnya dilakukan penyeleksian video penampilan tim nasyid yang telah diunggah di youtube. Dari seluruh video nasyid yang telah diunggah diambil 30 besar untuk diikutkan di babak penyisihan pada 29 Juni 2013, namun  target  30 grup hanya terisi 28 grup saja yang lolos dan memenuhi persyaratan.

Penilaian selanjutnya adalah babak penyisihan 28 grup menjadi 10 grup terbaik untuk mengikuti babak final yang dilaksanakan pada 30 Juni 2013. Dari babak final diambil juara 1,2,3, harapan 1,2,3, dan  juara favorit hasil vote pilihan penonton. Penilaian terdiri atas empat aspek, yaitu aransemen, ketepatan nada, penampilan, dan harmonisasi musik.

Setelah bertarung selama dua hari, tampil sebagai Juara 1 Sai Voice dari Kebumen, Juara 2 Mansacapella dari Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta), dan Juara 3 Oasis dari Kebumen. Sementara itu, untuk Juara Harapan 1 I five dari Semarang, Harapan 2 Qolbu Insan dari Yogyakarta (Surya Global), dan Harapan 3 Zagaida Voz dari Yogyakarta. Juara favorit diraih Just in Beat (MAN 3 Yogyakarta). (Djwonga/Humasfbs)