BERBAGI ILMU DENGAN YUNNAN MINZU UNIVERSITY DAN GDUFS TIONGKOK

FBS-Karangmalang. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) pada semester ini siap menyelenggarakan Program Kredit Transfer Yunnan Minzu University (YMU) dan Guangdong University of Foreign Studies (GDUFS) pada tahun ajaran 2016/2017. Kesiapan FBS tampak pada rapat koordinasi transfer kredit yang diselenggarakan pada Senin (1/8) lalu. Pada rapat tersebut tampak bahwa para dosen yang akan mengajar sudah siap dengan berbagai konsep dan materi yang akan dibagikan kepada para mahasiswa transfer kredit. Program yang sudah berlangsung sejak 2011 ini semakin mantap dilaksanakan karena setiap tahun selalu ada upgrading materi dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa yang mengambil program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

Pada tahun akademik 2016/2017 ini, FBS UNY direncanakan menerima 20 orang mahasiswa dari YMU dan 22 orang mahasiswa GDUFS. Dekan FBS UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. menyatakan bahwa program ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena selama ini merupakan program unggulan UNY. UNY juga termasuk yang tertua dalam penyelenggaraan BIPA, dan sudah banyak mengirimkan dosen ke luar negeri terkait dengan cultural exchange. Pada kesempatan ini Wakil Dekan I FBS UNY, Maman Suryaman, M.Pd. juga menambahkan agar para dosen pengampu dapat terus menerus melakukan evaluasi dan pengembangan bahan ajar, serta variasi metode agar pembelajaran semakin efektif dan menyenangkan.

Terkait dengan jumlah transfer kredit, total SKS untuk GDUFS adalah 14 sks yang terdiri dari mata kuliah Tari dan Gamelan, Berbicara dan Menyimak, Bahasa Indonesia dalam Media, Membaca Komprehensif, Menulis Faktual, Tata Bahasa, serta Lagu dan Musik Indonesia. Sedangkan jumlah SKS untuk YMU adalah 18 sks yang terdiri dari Menulis Faktual, Tata Bahasa, Idiom Bahasa Indonesia, Budaya Indonesia, Selayang Pandang Indonesia, Tari Tradisional, Gamelan, Lagu dan Musik Indonesia, dan Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut.

Pada kesempatan ini, Tri Sugiarto, M.Hum yang merupakan koordinator BIPA FBS UNY juga menjelaskan mengenai kalender akademik program kredit transfer, hak dan kewajiban dosen dan mahasiswa, serta tata tertib perkuliahan BIPA (VIE)