Enam Dalang Meramaikan Peresmian Gedung PLA FBS

FBS-KARANGMALANG. Pada Jumat, (18/6), FBS menyelenggarakan Pegelaran Wayang Kulit Purwa dalam peresmian Gedung Pusat Layanan Akademik (PLA) FBS. Peresmian gedung yang dihantarkan dengan pagelaran wayang ini, oleh PD II FBS, Bu Tutik, demikian disapa, merupakan bukti bahwa FBS tetap menunjukkan dirinya sebagai fakultas yang memperkuat ikon kebudayaan, sekaligus memberikan pesan kepada publik bahwa kehidupan berkesenian bisa dilakukan dalam upacara apapun. Enam dalang yang berasall dari jajaran dosen dan mahasiswa dihadirkan sekaligus dalam pagelaran ini.  Lakon Babat Wanamarta dengan judul lakon pahargyan Mangjing Gapuraning Nagri ditampilkan oleh dalang Prof. Dr. Suminto A Sayuti (gaya solo), Muhammad Mukti, M.Sn (gaya solo), Dr. Purwadi (gaya solo), Sih Agung Prasetya (gaya Jogja), dan Ganes Wara Pawestri (gaya Jogja). Uniknya, Ganes Wara Pawestri, Mahasiswi Pendidikan Seni Tari,  menjadi satu-satunya dalang putri dalam pagelaran tersebut.

Acara persemian dibuka dengan Sambutan dan Penandatanganan Prasasti oleh Rektor UNY, Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA. Acara berlanjut dengan Prosesi ritual  dan Pergelaran Wayang Ruwatan dengan lakon Ruwatan Gedhong Kencana oleh Iswahyudi, M.Hum. disambung dengan Umbul Donga. Acara ini juga dimeriahkan dengan kehadiran dari bintang tamu Stefanis “DALIJO” dan Jonet “ANGRINGAN” yang kebetulan alumnus dari FBS. Ungu Orkestra turut menambah bumbu keelaganan suasana dalam acara beratmosfir jawa ini. Dr. Rochmat Wahab kemudian menutup acara dengan penyerahan tokoh wayang Bratasena kepada dhalang pertama pahargyan.

Dalam sambutannya, Rektor UNY berharap gedung ini bisa dimanfaatkan sebaiknya-baiknya. Sehingga, pelayanan akademik bisa berjalan dengan baik yang nanti berdampak positif bagi pelaksanaan kegiatan akdemis bahasa dan berkesenian di kampus Ungu. Sementara itu, Dekan FBS, Prof. Dr. Zamzani berharap gedung tersebut bisa menunjang sistem pelayanan prima yang telah direncanakan sebelumnya. “Jika dulu, pelayanan akademik terpusat di gedung laboratorium C15, maka saat ini, gedung C15 tersebut sudah dapat difungsikan sebagaimana mestinya dan pelayanan administrasi dan akademik telah dipusatkan di gedung ini,” tuturnya.

Masih menurut Zamzani, saat ini, FBS telah menerima ISO 2008:9001, ini menunjukkan fakultas ini mampu memberi pelayanan administrasi dan akademik yang baik kepada sivitas akademikanya. Oleh karena itu, peresmian gedung ini adalah salah satu upaya untuk melakukan kosentrasi pelayanan yang prima, sehingga mahasiswa benar-benar merasakan hadirnya gedung yang dibangun sejak 2009 ini.

Upacara yang dihadiri sekitar 700 orang ini turut dihadiri jajaran pimpinan universitas, pimpinan fakultas, dan sebagian besar sivitas akademika FBS. Mereka tampak menikmati Pagelaran Wayang Kulit Purwa ini, hingga pukul 22.00, penonton pagelaran ini masih ramai, bahkan hingga pukul 03.00 dini hari, tepat saat pagelaran ini usai, sebagian penonton masih menikmati lakon yang dipimpin Prof. Suminto A Sayuti, mantan Dekan FBS. (Febi/La ode)