Mapres FBS 2012

FBS-Karangmalang. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi telah memberikan dampak positif pada budaya menghargai karya prestasi mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. Oleh sebab itu setelah melewati beberapa proses, akhirnya Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) memiliki dua kandidat mahasiswa berprestasi yang nantinya akan diadu di tingkat universitas.

Pendaftaran yang mulai dibuka pada Januari 2012 berhasil mengumpulkan 16 mahasiswa dari berbagai jurusan di FBS untuk mengikuti seleksi tahap awal, yaitu seleksi administrasi. Beberapa diantaranya adalah IPK minimal 3.00, menyusun Curriculum Vitae (CV) secara terstruktur yang terdiri atas prestasi, pengalaman kegiatan, bukti mengikuti organisasi, dan yang tak kalah penting yaitu pengumpulan karya tulis.

“Pemilihan ini merupakan tahap awal sebelum menuju pemilihan tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.” Tutur Iman Santoso selaku ketua panitia pemilihan tingkat fakultas.

Setelah pengumpulan syarat administrasi, maka dipilihlah tujuh mahasiswa yang layak untuk mengikuti tahap selanjutnya, yakni presentasi karya tulis pada Jum’at (13/3). Mereka adalah Maria Wulandari (PB. Inggris), Rasman (PB. Inggris), Zyah Rocmad Z. (PB. Inggris), Anisa Wulandari (PB. Jerman), Rahma Fitriana (PB. Inggris), Retno Rahma Safitri (PB. Inggris), dan Oktaviana Nur R. (PBSI).

Kemudian dengan mempertimbangkan kriteria penilaian (IP Kumulatif, karya tulis ilmiah, kegiatan ko dan ekstrakurikuler, bahasa Inggris/asing, kepribadian), para dewan juri menetapkan Maria Wulandari sebagai juara pertama dengan nilai 96,5, disusul Rasman dengan nilai 83, dan juara ketiga diraih Zyah Rochmad Z. dengan nilai 82,6. Juara pertama dan kedua akan diadu di tingkat universitas dengan semua fakultas yang ada di UNY. Nantinya, yang terbaik di tingkat universitas berhak mewakili UNY di tingkat nasional. (Fitriananda)