Pameran Pendidikan dan Kebudayaan, "Beautiful Books, Beautiful Pictures" (14 – 21 Mei 2013)

FBS-Karangmalang. Museum Anak Kolong Tangga bekerja sama dengan Fakultas Bahasa Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) mengadakan pameran pendidikan dan kebudayaan dengan tema “Beautiful Books, Beautiful Pictures”. Kegiatan di Museum Pendidikan UNY ini akan diisi dengan pameran koleksi buku anak langka mulai dari abad 19 milik Rudi Korens, Kurator Museum Kolong Tangga (14-21/5) yang terbuka untuk siswa TK-SMA, mahasiswa, guru, dan umum. Pameran akan diramaikan dengan pembacaan cerita anak dan pemutaran film anak selama kunjungan. Selain itu, kegiatan ini juga didukung dengan workshop story reading untuk guru muda (15/5), workshop ilustrasi cerita untuk anak (16/5,18/5), dan diskusi film “Pro and Contra: Disney” (20/5). 

Melalui kegiatan ini, Museum Anak Kolong Tangga dan FBS berupaya mempropagandakan kembali budaya membaca dan bercerita pada anak-anak dan orang dewasa. Pasalnya, membaca cerita dan bercerita diakui berpengaruh bagi perkembangan psikologis anak-anak. Bercerita menjadi penghubung antar generasi dan menjadi media pembelajaran pertama bagi anak-anak. Berbagai penelitian pun menunjukkan bahwa anak-anak yang diperdengarkan cerita atau sering membaca cerita memiliki kemampuan kognitif dan pemahaman nilai-nilai yang lebih baik.

Masih sesuai dengan tema, rangkaian kegiatan ini juga bertujuan untuk menginisiasi perubahan dan pergerakan ilustrasi buku anak. Ilustrasi menjadi penting dalam buku anak karena kehadirannya mampu berpengaruh besar bagi penggiringan imajinasi dan sensitivitas anak dalam menangkap pesan cerita. Pesan cerita ini yang menjadi nilai-nilai pendidikan budi pekerti dan budaya yang diajarkan kepada anak.

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis FBS UNY, pameran ini pun menjadi inisiasi kerjasama Museum Anak Kolong Tangga dan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris dalam pembentukan Pusat Studi Children Literature. Langkah ini diharapkan dapat membuka akses pengajaran dan penelitian tentang cerita anak, dongeng, legenda, dan kisah-kisah anak bagi praktisi, akademisi, maupun masyarakat luas.

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi Humas dan Kerjasama FBS UNY, Herman 081227115236 atau via email: iwanaks@yahoo.com. (Febi)