PELEPASAN PEGAWAI FBS: "ENDI ONO DEWI?"

FBS-SURAKARTA. Rotasi atau mutasi kerja adalah hal biasa dalam sebuah institusi. Demikian pula yang terjadi di FBS, dalam kurun waktu setahun terakhir, terdapat tiga pegawai FBS yang dimutasi. Mereka adalah Endy Fachmi, Tien Kartika Komara Dewi, dan Wahono. Endy yang semula menjabat Kasubag Pendidikan FBS beralih tugas menjadi Kabag TU Lemlit UNY. Dewi yang semula staf Subag Kepegawaian FBS beralih tugas menjadi staf subbag Perencanaan UNY. Sementara itu, Wahono yang semula bertugas sebagai staf Subag Umper FBS, kini beralih tugas menjadi staf Subag Rumah Tangga BAUK UNY.

Acara pelepasan yang sudah sejak lama direncanakan pun akhirnya terlaksana. Mengambil tempat di Taman Balekambang Surakarta, Sabtu (5/3), acara diikuti sekitar 80-an pegawai FBS. Turut hadir dalam acara tersebut Dekan FBS, Prof. Dr. Zamzani, PD II FBS, Dra. Sri Harti Widyastuti, M. Hum., dan PD III FBS, Herwin Yogo Wicaksono, M. Pd. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain outbond dan acara inti, yaitu pelepasan pegawai FBS yang dikemas dalam sebuah pertunjukan ketoprak humor.

Mengawali rangkaian kegiatan, tim fasilitator outbond dari LPMP Kalasan menawarkan berbagai permainan. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok untuk berkompetisi dalam permainan mulai dari “Bambu Gila” dimana setiap kelompok memanggul sebilah bambu dan melakukan perjalanan dengan berbagai rintangan, memindahkan ban dengan bambu dari suatu tiang ke tiang yang lain, dan yang terakhir yaitu “Titanic” dimana seluruh anggota setiap kelompok harus berdiri di atas selembar plastik dan membalikkan plastik tanpa menginjak rumput. Setiap tim juga diminta membuat yel-yel yang terus diteriakkan untuk menyemangati timnya. Hari yang semakin panas tidak menyurutkan semangat peserta yang tetap antusias menyelesaikan seluruh permainan dengan riang. Akhirnya, kelompok yang dipimin oleh Sri Ningsih berhasil keluar sebagai juara.

Selain untuk refreshing dari rutinitas pekerjaan sehari-hari, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka pembinaan kedisiplinan melalui peningkatan motivasi dan kinerja dalam rangka mengimplementasikan pendidikan karakter di lingkungan pegawai FBS UNY. Melalui outbond dapat dilihat refleksi karakter setiap peserta dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari untuk kemudian dievaluasi, sehingga diharapkan setelah kegiatan ini motivasi dan kinerja pegawai FBS meningkat.

Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti, yaitu pelepasan pegawai FBS. Suasana akrab dan kekeluargaan mewarnai jalannya acara yang dikemas dalam sebuah pertunjukan ketoprak humor yang diisi oleh komunitas Ketoprak Ngampung Balekambang. Di tengah ketoprak Prof. Zamzani, diundang naik ke atas panggung untuk menyampaikan pesan kesan. Menurut mantan PD I FBS ini, nama ketiga pegawai tsb. (Endy, Dewi, Wahono) akan mudah diingat karena dapat menjadi sebuah kalimat dalam bahasa Jawa, misalnya, "Endi ono dewi?" (Dimana ada dewi?), "Wah, ono dewi nang endi-endi" (Wah, ada dewi dimana-mana), "Nang endi-endi ono dewi" (Dimana-mana ada dewi), dst. Intinya, ketiga orang tsb akan selalu diingat di manapun mereka berada. “Keluarga besar FBS menyampaikan terima kasih dan selamat bertugas di tempat yang baru,” pesan Dekan.

Sementara itu, wakil dari pegawai yang dipindahtugaskan menuturkan, “Saya pribadi pernah berbuat kesalahan dan kekeliruan kepada Bapak dan Ibu sekalian. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya. Mudah-mudahan apa yang saya peroleh di UNY mejadikan bekal bagi saya untuk hidup di “dunia yang lain,” demikian disampaikan Endy dalam sambutannya mewakili kedua rekannya. (Vrg)