KONSER ANJANGSANA MAHASISWA PENDIDIKAN SENI MUSIK UNY BERSAMA MAHASISWA ISI DENPASAR

FBS-Karangmalang. Mahasiswa Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2014 baru saja melaksanakan Konser Anjangsana. Kegiatan ini dilaksanakan di ISI Denpasar pada 28 November hingga 30 November 2017 sekaligus merupakan kegiatan rutin tahunan program studi Pendidikan Seni Musik. Sebelumnya Tour Concert atau Konser Anjangsana ini sudah pernah dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Terselenggaranya Konser Anjangsana merupakan hasil dari kerjasama mahasiswa, dosen, dan jurusan. Sumber dana dari kegiatan ini berasal dari iuran mahasiswa dan dosen serta jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Keseluruhan panitia kegiatan ini adalah mahasiswa Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2014.

Persiapan Konser Anjangsana ini memakan waktu kurang lebih satu bulan. Mahasiswa dibagi dalam kategori Orkestra, Ansambel, dan Paduan Suara. Terselenggaranya kegiatan ini didasari oleh adanya tujuan menambah wawasan mahasiswa Pendidikan Seni Musik. “Tujuan kita kesana itu pertama adalah kita pengen anjangsana, pengen srawung ke temen-temen yang jurusannya sama seperti kita yang jurusannya pendidikan juga tapi di luar pulau. Tujuan pertama anjangsana, tujuan kedua jelas kita mau nambah wawasan kan budayanya, beda di sini sama di sana. Apa yang ditekuni di sana apa yang diunggulkan di sana kita ingin tau itu. Ketiga yang paling membuat kita penasaran terutama dosen-dosen, mereka itu jurusan musiknya dan jurusan sendratasiknya termasuk jurusan baru. Kalau tidak salah mereka jurusan musik itu baru dari tahun 2014, Sendratasik dari tahun 2012. Masih baru. Tapi yang jadi pertanyaan adalah kenapa mereka akreditasinya bisa A. Sedangkan Musik UNY yang sudah lama masih B. Kenapa di sana A di sini B. Intinya itu tiga tujuannya”, tutur Adyatmaka Jati salah satu panitia saat ditanya tujuan terseenggaranya kegiatan ini.

Selain melakukan Konser Anjangsana, mahasiswa Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta ini juga melakukan Choaching Clinic. Dalam kegiatan ini mahasiswa saling berbagi ilmu dan pengalaman sesuai majornya seperti gitar, gesek, dan petik. Selain berbagi pengalaman, para mahasiswa juga saling berkolaborasi memainkan musik.

Diadakannya kegiatan Konser Anjangsana ini, Jati merasa tertantang untuk membuat sebuah komunitas Mahasiswa Pendidikan Seni Musik,” Setelah mengikuti konser ini saya jadi tertantang untuk membuat suatu kelompok yang mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik di Indonesia, semacam forum Mahasiswa Seni Musik. Dengan itu kami bisa saling share ilmu, motivasi sistem, kuliah, iklim pembelajaran, bagaimana pembelajaran di Bali, di Sumatra. Intinya saya punya gambaran”.[vinna]