Mahasiswa FBS UNY Raih Juara 1 Lomba Baca Puisi Nasional

FBS, KARANGMALANG–Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Bahasa dan Seni kembali meraih prestasi nasional, melalui Eci Safitri Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Ia berhasil meraih juara I dalam lomba baca puisi umum tingkat nasional Semarak Indonesia yang berlangsung di Universitas Negeri Semarang, pada Sabtu (19/10).

Dalam lomba baca puisi Semarak Indonesia 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes, Eci Safitri berhasil mengalahkan 116 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi lain di Indonesia.

Eci berhasil memenangkan kejuaraan dengan membacakan dua puisi. Puisi pertama berjudul “Sebuah Jaket Berlumur Darah” karya Taufik Ismail tentang bentuk solidaritas mahasiswa terhadap korban demonstrasi tahun 1966 yang gugur tertembak. Kemudian puisi yang kedua berjudul “Lagu Seorang Gerilya” karya W.S. Rendra tentang pemuda yang berperang melawan penjajah demi tanah air dan kerinduan kepada seseorang.

“Saya tidak menyangka dan kaget bisa menjadi juara di lomba ini, saya juga merasa sangat senang bisa memenangkan lomba baca puisi. Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua, teman-teman, dan dosen yang selalu mendukung, mendoakan, serta membantu saya hingga bisa meraih juara dalam lomba baca puisi ini.” ungkapnya.

Capaian prestasi ini tidak mudah begitu saja ia dapatkan tanpa kegigihannya. Ia mempersiapkan lomba selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Keakraban dengan dunia puisi mempunyai arti baginya sehingga ia memiliki kepuasan tersendiri bila membaca puisi. [nadia]