Penyemprotan Desinfektan di Kampus FBS UNY untuk Menangkal Covid-19

Keterangan Sumber Foto: 
Dwi Retno SA, Marzuki

Dalam rangka tanggap darurat antisipasi penyebaran Corona Virus Covid-19, Universitas Negeri Yogyakarta melakukan penyemprotan desinfektan ke seluruh wilayah kampus Universitas Negeri Yogyakarta, terutama pada fasilitas-fasilitas publik yang ada di dalam maupun di luar gedung. Penyemprotan dilaksanakan oleh tiap fakultas didampingi tim dari pusat.

Jadwal penyemprotan di wilayah Kampus FBS UNY dilaksanakan pada hari ini, Senin, 23 Maret 2020 dimulai pukul 08.00 WIB, meliputi gedung Prof. Dr (Hc) Amri Yahya, Gedung WS Rendra, Gedung Mu. Yamin, Lab Musik dan Tari (LMT) Gedung pusat Layanan Akademik (PLA) dan lain-lain. Selama penyemprotan tidak ada yang boleh memasuki gedung karena cairan desinfektan sangat berbahaya apabila terkena manusia, dan baru dinyatakan aman setelah minimal 4 jam dari waktu penyemprotan. 

Pelaksanaan penyemprotan dipantau langsung oleh Dr. Zulfi Hendri, M.Sn selaku Wakil Dekan 2 FBS UNY dibawah komando Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. Adapun tim pelaksana penyemprotan adalah tim dari FBS UNY terdiri atas pegawai bagian Umum dan Perlengkapan (UMPER), dibantu karyawan yang lain.

FBS UNY juga telah menerapkan protokoler yang ketat bagi mahasiswa, dosen dan tendik untuk pencegahan penyebaran covid-19 dengan tidak memperbolehkan melakukan kegiatan di kampus dalam bentuk apapun, tidak boleh bergerombol, apabila masuk area kampus harus menggunakan masker, dan penyediaan desinfektan untuk digunakan bagi siapa saja yang masuk ruangan. Dosen pun diwajibkan tinggal di rumah saja dan melakukan pembelajaran secara daring melalui berbagai platform yang tersedia, baik email, WA, Besmart, Google Classroom, Instagram, Facebook, dan lain-lain, begitu juga pelaksanaan ujian Tugas Akhir pun telah dilakukan secara daring. Untuk memenuhi semua itu pihak Fakultas telah melakukan gerak cepat guna mempersiapkan seluruh perangkat yang dibutuhkan agar semua dapat berlangsung dengan lancar.

Semoga pandemi ini segera berlalu, keadaan kenbali normal dan kita semua senantiasa diberi kesehatan dan keselamatan.(dwiretnosa)