FBSB UNY menjadi destinasi pertama KKL Pendidikan Tari Unila di Yogyakarta

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBSB UNY

Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta menerima kunjungan  dari Program Studi (S-1) Pendidikan Tari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Rombongan pada kunjungan ini berjumlah 59 orang, 57 orang mahasiswa dan 2 dosen pendamping. Dalam acara penyambutan, rombongan dari Prodi Seni Tari Universitas Lampung  disambut oleh Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Umum, dan Sumber Daya (PKUSD) Dr. Drs. Cipto Budi Handoyo, M.Pd., serta jajaran dosen Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan dalam kunjungan ini dibuka dengan penampilan tari “melinting” dari mahasiswa Program Studi Seni Tari Unila. Di sambut dengan tarian dari mahasiswa Pendidikan Seni Tari UNY. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dokumen Kerjasama antara FBSB UNY dan FKIP Unila.  

Kegiatan terakhir dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah seminar dan workshop tari. Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Merdeka Belajar dan Berkarya Tari dalam Konteks Kurikulum Merdeka”, dengan pemateri Dr. Drs. Kusnadi, M.Pd. selaku koordinator departemen Seni Tari UNY dan Dr. Dwiyana Habsary, M.Hum. Kaprodi Seni Tari Unila. Prodi Seni Tari Unila dan Pendidikan Tari UNY saling bertukar informasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di prodi masing-masing, terutama pada saat penyesuaian kurikulum dengan program merdeka belajar dan (MBKM), pada sesi ini juga membahas bagaimana akumulasi nilai yang akan dikonversikan dalam SKS di akhir semester.

Di kesempatan ini juga, Kaprodi Pendidikan Seni Tari Universitas Lampung Dr. Dwiyana Habsary, M.Hum. menyampaikan “terima kasih atas sambutan yang luar biasa baik dari FBSB UNY, semoga kerjasama ini bisa terus berjalan kedepannya dan ada tindak lanjut setelah pertemuan ini, salah satunya berupa tulisan karya ilmiah atau book chapter yang dapat diterbitkan bersama”. (SE)