Banyuwangi Kuliah Sehari di FBS UNY

FBS-Karangmalang. 140 Mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi (UNIPBA) workshop sehari Public Speaking bersama dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY (19/3). Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan akademik sekaligus transfer ilmu dalam pendidikan kebahasaan. “Semoga ada ilmu yang bisa kami bawa pulang dan kami terapkan di daerah kami,” harap koordinator rombongan UNIPBA.

FBS menyambut baik jalinan akademik ini dengan pembentukan tim workshop public speaking yang dikomando Nury Supriyanti, M.A. Selama lima jam, peserta dari pendidikan bahasa Inggris asah keterampilan dalam Master of Ceremony, speech, dan debate. Dengan pembagian kelompok kecil, peserta diarahkan untuk praktik dan berani tampil dengan kemampuan bahasa yang lebih baik saat berbicara di depan umum.

Peserta mengungkapkan bertambahnya pemahaman dalam public speaking. “Kita boleh memasukan culture kita dalam seni berbicara tetapi ungkapan bahasa Inggris tetap sesuai konteks dan tidak sekadar translating,” ungkap salah satu peserta.

Workshop dilanjutkan dengan studi banding kegiatan perkuliahan. Setelah berkeliling di lingkungan FBS, English Department Students Association (EDSA) dari kedua kampus berdiskusi demi mencari inspirasi lewat karakter organisasi masing-masing. (Febi/HumasFBS)