IKIP Saraswati Tabanan Bali Mengunjungi FBS

FBS-KARANGMALANG. Perkembangan bahasa dan seni yang begitu pesat tentu menuntut para praktisinya aktif meng-update diri agar mampu berkarya serta berkompetisi di manapun. Kiranya inilah yang menjadi latar belakang Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Saraswati Tabanan Bali ke Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Sekitar 90 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah FPBS IKIP Saraswati diterima di Ruang Seminar Pusat Layanan Akademik FBS UNY. Rombongan ini dipimpin langsung Dekan FPBS IKIP Saraswati, Dr. I Nyoman Suaka. Selain itu tampak pula Sekertaris Dekan, Ketua Jurusan, dan beberapa dosen pendamping FPBS IKIP Saraswati.
Mereka disambut hangat oleh  Siti Nurbaya, M.Hum, perwakilan Ketua Jurusan PBSI FBS UNY. Tak lama kemudian Dekan FBS UNY, Prof. Dr. Zamzani beserta Pembantu Dekan III FBS UNY, Herwin Yogo Wicaksono, M.Pd. pun turut bergabung dalam acara ini. Selanjutnya Dekan FPBS IKIP Saraswati dalam sambutannya mengungkapkan, "Kami ingin bertukar ilmu pengajaran bahasa, khususnya praktik micro teaching". "Harapan lainnya kita juga dapat menjalin kerja sama dalam penerbitan jurnal ilmiah," lanjutnya.
Siti Nurbaya sendiri menjelaskan bahwa JPBSI FBS UNY terbagi atas dua program studi, yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo). Selain itu, ia juga menerangkan adanya mata kuliah kewenangan tambahan dan selintas profil JPBSI FBS UNY.
Setelah puas berramah tamah, acara diisi dengan sarasehan tentang jalannya perkuliahan dan program unggulan di kampus masing-masing. Akhirnya kunjungan ini pun ditutup dengan persembahan tari dari mahasiswa IKIP Saraswati serta musikalisasi puisi Teater Mishbah HIMA PBSI FBS UNY. (Diyan)