Jalin Relasi, HIMA PBSI Bertandang ke UM

FBS-Karangmalang.Setelah sukses menjalin relasi dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, pada awal tahun 2015; kini HIMA PBSI kembali meluaskan kerjasama dengan Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (FS UM). Pada Senin pagi (19/01), aktivis HMJ Sastra Indonesia (Sasindo), FS, UM, menerima dengan antusias. Garis besar agenda pada hari itu ialah diskusi interaktif antarpengurus. Tak hanya mahasiswa saja, dosen UNY sekaligus mahasiswa S-3 UM, Ary Kusmiyatun, S.Pd., M.Hum., turut menyambut rombongan dari Jogja itu.

Ahmad Wahyudin, S.S., M.Hum., selaku pendamping mahasiswa (UNY) menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat dari HMJ Sasindo. "Terima kasih FS, UM, telah memersiapkan (baik teknis dan non-teknis) acara studi banding ini. Semoga dengan adanya silaturahmi ini, kita dapat saling memberi dan menerima; saling belajar; dan sebagainya," ungkap dosen yang mengampu ilmu linguistik ini. Senada dengan Wahyudin, pendamping mahasiswa HMJ Sasindo UM mengatakan pertemuan UNY-UM sebetulnya tak perdana. Sebab, secara kelembagaan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) antara dua universitas eks. IKIP itu telah melakukan kerjasama untuk mengembangkan elemen pendidikan "bahasa" dan "sastra" Indonesia. "Jadi, kedua HMJ yang bersua pada kesempatan kali ini diharapkan juga menjalin kerjasama baik dalam kegiatan seminar, apresiasi sastra, dan lain sebagainya," harap dosen yang juga sahabat karib Dr. Anwar Efrendi saat memerjuangkan teater kampus kala S-1 itu.

Yopie Novanda (ketua Hima PBSI, FBS, UNY, periode 2015/2016) dan Reny (ketua HMJ Sasindo UM) mempresentasikan program kerja yang dirancang selama satu tahun kepengurusan. Secara garis besar, program kerja dari kedua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) kurang lebih sama/memunyai kemiripan. Setidaknya ada tiga elemen ihwal: kaderisasi, bakat-minat, dan kewirausahaan. "Ketiga elemen tersebutlah yang menjadi "soko guru"  sebuah organisasi kampus," jelas ketua HMJ Sasindo yang merupakan pemimpin Ormawa perempuan satu-satunya di FS, UM.

Tak hanya diskusi verbal semata, kedua Ormawa menampilkan pentas seni yang memukau para penonton di ruang seminar, FS, UM. Dari UNY menampilkan teater Mishbah yang menggarap drama berdasarkan adaptasi puisi "Sebuah Buku Harian" karya Suminto A. Sayuti. Sementara HMJ, FS, UM, menampilkan pembacaan puisi karya Ajip Rosidi. Sukses! (Rony/ Humas FBS)