Mahasiswa Asing Ikuti Workshop Tari Lenggang

       UNY-Karangmalang. On the move to the world class university, UNY tidak hanya bergerak di bidang akademik saja, tapi juga ikut andil dalam memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia Internasional. Berbagai workshop budaya telah diselenggarakan untuk mahasiswa asing; seperti workshop angklung, gamelan, dan batik. Jumat (18/10) lalu, mahasiswa asing diajak berkenalan dengan budaya Indonesia yang lain yaitu Tari Lenggang melalui Workshop Tari yang diselenggarakan di FBS UNY.
      Tari Lenggang merupakan tarian Indonesia yang berasal dari tanah Minang. Tarian ini tercipta dari rangsangan auditif lagu Biduak Pincalang gubahan Nuskan Syarif. Sebelum mahasiswa asing mulai berlatih tari Lenggang, Ibu Trie Wahyuni, Dosen Seni Tari FBS UNY, memberikan sedikit gambaran mengenai tarian ini. Mahasiswa asing juga diperkenalkan dengan tarian-tarian Indonesia yang lain melalui tayangan video dan pengantar sekilas.
       Meskipun terlihat mudah, menari Lenggang ternyata sulit bagi mahasiswa asing. Akan tetapi mereka gigih mengikuti gerakan yang diajarkan Ibu Trie dengan penuh semangat. Beberapa di antara mereka bahkan meminta bimbingan ekstra kepada Ibu Trie pada jam istirahat. “Kelihatannya memang sangat mudah, tapi ternyata sulit sekali mengikuti gerakan tarian ini,“ komentar Alvaro, mahasiswa dari Chile.
    Tarian ini akan ditampilkan pada Global Culture Fest (GCF) pada 13 dan 14 November 2013 mendatang. GCF merupakan program yang diselenggarakan untuk mahasiswa asing. Dalam program ini, mereka berkesempatan untuk memperkenalkan budaya dari negara masing-masing. Tak ketinggalan, berbagai kesenian Indonesia yang lain tentunya juga akan ditampilkan dalam acara ini. (Zakia/HumasFBS)