Pada 10 November 2011 akan diselenggarakan Seminar Nasional

FBS-Karangmalang. Pada 10 November 2011, Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY akan menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Pengajaran Bahasa Asing dan Pendidikan Karakter” di Ruang Seminar Lantai III Gedung Pusat Layanan Akademik FBS UNY.

Tema ini diambil karena isu pendidikan karakter telah menjadi isu utama dalam dunia pendidikan. Selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, pendidikan karakter juga diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia. Memang selama ini pendidikan karakter telah diaplikasikan di pelbagai jenjang pendidikan, hanya saja belum maksimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, seminar nanti diharapkan bisa mengkaji dan mencari alternatif solusi untuk pengamalan nilai-nilai pendidikan karakter.

Tidak mengherankan, pertanyaan seputar pengintegrasian pendidikan karakter dalam pengajaran bahasa asing menjadi topik mengemuka yang akan dibahas dalam kesempatan tersebut. Untuk itu, panitia akan menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten di bidangnya, meliputi:

1. Prof. Dr. Putu Wijana (Universitas Gajah Mada, Yogyakarta)

2. Dr. Manneke Budiman (Universitas Indonesia, Jakarta)

3. Prof. Dr. Chaedar Alwasilah (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung)

Ketiga pembicara ini akan mengupas hubungan antara pengajaran bahasa asing dan pendidikan bahasa asing diitinjau dari segi linguistik, sastra dan budaya, maupun pengajaran. Selain itu, terdapat pula kesempatan bagi para peserta yang ingin menyertakan makalahnya dan mempresentasikan pemikirannya dalam kegiatan ini. Kontribusi pendaftaran sebesar Rp 75.000,00 untuk mahasiswa, peserta umum Rp 100.000, dan pemakalah dikenakan Rp 150.000,00.

Seminar yang diketuai Dra. Retna Endah SM, M. Pd. ini terbuka untuk mahasiswa, guru, penerjemah, maupun praktisi bahasa asing yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk turut serta dalam acara ini silahkan mendaftar segera di sekretariat panitia atau menghubungi:

1. Drs. Iman Santoso, M.Pd. (08174129946)

2. Drs. Ahmad Marzuki (08175492545)

Pendaftaran juga dapat dilakukan via E-Mail dengan mengirimkan data diri Anda ke dan pembayaran melalui rekening BNI 46 a.n. Dra. Lia Malia, M.Pd. dengan nomor rekening 0039155199. (Diyan)