Serunya Belajar Ilustrasi Kawaii

FBS-Karangmalang. Dapat berguru langsung dengan tokoh ilustrator terkenal tentunya menjadi pengalaman berharga, terlebih ilustrator tersebut didatangkan langsung dari negara yang memilki karya seni rupa yang menarik, Jepang. Kamo-sensei,  beliau adalah seorang ilustrator dan desainer grafis yang terkenal dengan ilustrasi pulpen-nya. Karirnya berawal dari menjadi seorang desainer grafis di sebuah kantor periklanan hingga akhirnya sekarang ini menjadi seorang ilustrator dan desainer grafis, beliau pun telah menulis beberapa buku yang membahas tentang teknik ilustrasi kreasi dengan pulpen.

Selasa (21/02/2017), Kamo-sensei berkesempatan hadir memberikan workshop ilustrasi kawaii di Fakultas Bahasa dan Seni UNY dalam rangkaian acara Kawaii Illustration Workshop with Kamo Sensei yang diselenggarakan oleh PT ASABA Zebra Brand tanggal 20-23 Februari 2017 di Semarang, Yogyakarta, dan Jakarta. Kawaii atau dalam Bahasa Indonesia berarti “lucu atau imut” menjadi trend budaya tersendiri di Jepang. Kawaii dapat dilihat dari berbagai aspek budaya Jepang seperti pakaian, makanan, perilaku, dan salah satunya dalam bentuk gambar.

Kamo-sensei menilai langsung karya ilustrasi peserta workshop.

Bertempat di Ruang Kelas lantai 3 Gedung Kuliah IV FBS UNY workshop dilaksanakan. Kamo-sensei memberikan panduan dan menilai langsung hasil karya peserta workshop. Kholif Luqman Maulana, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa FBS UNY yang ikut serta dalam workshop tersebut menjadi salah satu ilustrator tiga terbaik versi Kamo-sensei dengan karyanya yang kawaii tentang Jogja. Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn., Arsianti Latifah, M.Sn. dan Eni Puji Astuti, M.Hum. dosen PS Rupa FBS UNY juga ikut serta dalam workshop ini. Workshop yang dihadiri 25 orang tersebut berakhir dengan pemberian sertifikat partisipasi dan sesi foto bersama dengan Kamo-sensei. [anjarrh]

Tiga peserta dengan karya ter-kawaii.