Pembekalan Panitia OSPEK dan MAKRAB PBSI

FBS-Karangmalang. Bertempat di Ruang Seminar PLA lantai 3, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta (Hima PBSI FBS UNY) mengadakan Pembekalan Panitia Orientasi Studi Pengenalan Kampus (OSPEK) dan Malam Keakraban (MAKRAB) guna menyambut mahasiswa baru (maba) tahun 2013 (28/6).

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Muhamad Ibrahim selaku mantan ketua OSPEK tahun 2010. Serta Arda Sedyoko dan Fajar Setyawan selaku mantan ketua OSPEK tahun 2011 dan 2012.

Di moderatori Reni Intan Kartika, acara pembekalan panitia OSPEK dan MAKRAB tahun 2013 berlangsung meriah. Pasalnya pada tahun sebelumnya agenda pembekalan panitia ospek dan makrab tidak pernah dilakukan dan tahun ini untuk pertama kalinya agenda tersebut diselenggarakan.

Di awali dari pemaparan terkait pengalaman OSPEK dan pemutaran video OSPEK tahun 2010  oleh Muhamad Ibrahim dan dalam kesempatan itu ia berharap panitia OSPEK dan MAKRAB pada tahun ini memberikan kemasan acara yang menarik dan menciptakan acara-acara yang berguna untuk mempersiapkan kemampuan para maba sebelum masuk jurusan PBSI.

Hal serupa pun diutarakan Arda Sedyoko. Ia menekankan pada rasa kebersatuan antara panitia dan maba. Selain itu dua aspek penting dalam OSPEK yaitu studi dan kampus perlu diperhatikan. “Kuasai sektor sistem akademik dan sektor lingkungan fakultas serta jurusan. Dan yang terpenting temukan ruh atau kebanggaan apa yang harus dimilki maba terhadap jurusan PBSI,”papar mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FBS itu.

Dan tak lupa Fajar Setyawan selaku mantan ketua OSPEK tahun 2012 mengimbau agar panitia jangan sungkan untuk mencoba hal-hal baru. Ia berharap panitia mampu mengeksplor acara dan juga tempat pelaksanaan acara agar kegiatan OSPEK maupun MAKRAB tidak berlangsung membosankan.

Turut hadir Dr. Maman Suryaman, M.Pd. selaku ketua jurusan PBSI yang juga memberikan beberapa pengarahan kepada panitia OSPEK dan MAKRAB tahun ini. Dalam sambutannya ia mengimbau agar panitia mampu merancang sebuah kegiatan OSPEK dan MAKRAB yang dapat membangun potensi dan kepercayaan diri maba dan menciptakan acara yang dapat mengembangkan kemampuan literasi, diantaranya kemampuan membaca.

“Mari kita sambut para mahasiswa baru dengan suasana akademis yang kuat. Jangan sampai mereka masuk PBSI seperti masuk ke dalam hutan belantara. Jangan biarkan mereka tersesat tapi tumbuhkan kepercayaan mereka terhadap jurusan PBSI,” ujarnya. (Djwonga/Humasfbs)