Anjangsana Mahasiswa PBD FBS ke Sanggar Natya Laksita “Didik Nini Thowok”

FBS – Karangmalang. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni UNY melakukan kunjungan ke Sanggar Natya Laksita milik Didik Nini Thowok dalam rangka “ANJANGSANA”. Anjangsana ini merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah (Jawa). Acara ini dilakukan pada hari rabu(13/04).

Anjangsana yang bertempat di  Green Plaza Kav. 7, Jl. Godean Km. 2,8 Yogyakarta ini dimulai pada pukul 13.00 WIB dan diikuti oleh sebagian mahasiswa dan pengurus HIMA JAWA sendiri. Anjangsana merupakan kegiatan rutin tiap tahun dari HIMA JAWA yang bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus menjalin relasi dan mencari pengetahuan/ngangsu kawruh dari instansi tujuan. Yang mana pada tahun sebelumnya  dilakukan di Jurusan Karawitan ISI Yogyakarta.

Para mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti acara anjangsana ini. Apalagi acara anjangsana di Sanggar Natya Laksita ini dibuat sangat mengalir dan santai oleh Bapak Didik. Dalam penyampaian materi , Bapak Didik Hadiprayitno (Didik Nini Thowok) yang lahir di Temanggung,13 November 1954 dan lulus dari ISI Yogyakarta pada tahun 1982 ini mengungkapkan bahwa Sanggar Natya Laksita merupakan sanggar tari kreasi yang dirintis oleh beliau pada tahun 1980.

Dalam wejangannya Bapak Didik menyatakan, “Apabila ingin mencintai sesuatu maka jadikanlah hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Karena saya sendiri kebetulan sejak kecil sudah sering diajak kakek saya untuk melihat seni pertunjukan kethorak, wayang dll. Dari situlah lama kelamaan saya menjadi sangat mencintai seni.” Ungkap Bapak Didik yang wasis dalam hal seni tari ini. (Ifahdm)