ANONG THIP : Kolaborasi Sinergis Universitas Naresuan dan Warga Sekitar

FBS-Karangmalang. Sehari sebelum berpisah dengan Phitsanulok beserta Universitas Naresuan, mahasiswa FBS UNY dan mahasiswa dari Vietnam yang juga mengikuti program student exchange mengunjungi salah satu perusahaan di bidang herbal, yang hasilnya biasa digunakan untuk spa dan kosmetik, yang bekerja sama dengan Universitas Naresuan. Nama perusahaan tersebut adalah Anong Thip. Para mahasiswa FBS UNY beserta mahasiswa dari Vietnam dipersilahkan untuk memasuki ruang produksi dan pelabelan, namun untuk memasuki ruang produksi mereka harus mengenakan jas khusus beserta penutup kepala. Hal tersebut dilakukan agar bakteri maupun kuman yang terbawa dari luar ruangan tidak bisa mempengaruhi kualitas produk perusahaan tersebut. Untuk memasuki ruang produksi pun, para mahasiswa hanya diperbolehkan masuk secara berpasangan agar mempermudah jalannya produksi dan  tidak mengganggu. Di ruang pelabelan mereka dapat menemukan berbagai macam produk yang terbuat dari bahan-bahan herbal untuk merawat kulit yang sudah siap dipasarkan, mulai dari sunscreen, lulur, hand and body lotion, lipgloss, hingga yang paling terkenal dan sangat laris adalah sabun mandi yang terbuat dari mentimun. Harga setiap produknya pun sangat ramah di kantong para mahasiswa. Sehingga banyak mahasiswa FBS UNY maupun mahasiswa dari Vietnam yang kalap dan membeli berbagai macam produk perawatan kulit dari tempat spa tersebut. Di sebelah gedung produksi terdapat gedung yang digunakan untuk usaha massage and spa, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjunginya. Salah seorang mahasiswa FBS UNY yang beruntung berkesempatan untuk merasakan bagaimana rileksnya setelah mendapatkan pijatan dari pegawainya.

Berdasarkan penuturan salah seorang pemilik, bahan dasar dari produk tersebut berupa hasil ladang dari warga sekitar. Perusahaan tersebut hanya memiliki 3 pegawai tetap, sisanya adalah warga sekitar yang bekerja semacam buruh untuk mendapatkan uang namun waktunya fleksibel sesuai kebutuhan warga tersebut. Hal ini tentu sangat menarik perhatian bagaimana Universitas Naresuan sangat peduli dan mampu mengangkat kesejahteraan warga sekitar. Berdasarkan pengamatan kami, sebagian  esar pegawai di Anong Thip merupakan orang lanjut usia. Kami sangat terkesan dengan keramahan para karyawan, yang menunjukkan bahwa mereka senang bekerja di tempat tersebut.

Setelah dari tempat spa, mahasiswa FBS UNY beserta mahasiswa dari Vietnam mengunjungi sebuah tempat  berupa ladang buah-buahan, yang merupakan tempat bahan baku utama dari produk yang dibuat di Anong Thip. Ladang tersebut cukup luas dan berisi berbagai macam vegetasi. Pemilik ladang tersebut juga menuturkan  bahwa mereka menanam vegetasi yang hampir punah untuk kemudian dikembangkan lagi. Sebelum berkeliling dan melihat-lihat vegetasi apa saja yang ditanam, mahasiswa FBS UNY juga berkesempatan untuk mencicipi produk manisan dari ladang tersebut. (Novi, Reza, Yuli, Desty)