IPHIGENIE AUF TAURIS, SEORANG WANITA TEGAR YANG BERUSAHA PULANG KE NEGERI ASALNYA

FBS-Karangmalang.

Berada di sini, aku masih saja diliputi perasaan ngeri. Bertahun-tahun berada di sini aku tetap saja merasa asing. Ah, mungkin hatiku memang tidak berada di sini. Laut memisahkanku dari orang-orang terkasih. So ein Pech, Begitulah nasibku. Hingga kini aku masih berharap Dewi Diana mengembalikanku pada keluargaku. Rette mich! Selamatkanlah aku dari di sini, Dewi! Seperti telah kau selamatkanku dari kematian yang lalu.

Adegan di atas adalah salah satu babak dalam drama Iphigenie auf Tauris karya sastrawan besar Jerman Johann Wolfgang von Goethe. Pementasan yang dilaksanakan pada Rabu (18/5/2015) di Concert Hall Taman Budaya Yogyaarta berjalan dengan lancar dan sukses. Acara yang dilaksanakan di luar kampus FBS untuk pertama kalinya ini berhasil menyedot ratusan penonton. Concert Hall merupakan gedung dengan kapasitas terbesar di Taman Budaya Yogyakarta. Drama ini dikemas dengan genre surealis dan sangat kental bertema Yunani.

Panitia sudah menyiapkan sepasang cosplay perempuan dan laki-laki Yunani di depan tepatnya di samping photobooth setelah pintu masuk. Tak hanya cosplay, para panitia pun memakai baju bertema Yunani dengan nuansa putih dan gold beserta mahkota yang cantik. Panggung sendiri di-setting sedemikian rupa sehingga menyerupai zaman Yunani. Pilar-pilar yang tinggi, batu-batu yang banyak dan kuil beserta patung Dewi Diana membuat panggung terasa megah.

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB ini berjalan seru karena panitia membagikan doorprize di awal dan menariknya juga di tengah-tengah drama. Terdapat juga penampilan spesial dari grup musik Keroncong Pelipur Lara dan flashmob dari seluruh panitia Kelas A Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY angkatan 2013. Malam itu, penonton tersenyum senang karena terhibur, pun panitia tersenyum puas karena kerja keras mereka selama ini berbuah manis. Salah satu penonton Dian mengatakan,“ Dramanya keren”, sambil mengacungkan jempol sebagai tanda apresiasinya.

Pementasan yang juga merupakan bagian dari ujian  mata kuliah Literatur 2 ini juga mendapat sambutan yang baik dari dua dosen pembimbing, Bapak Akbar Kuntardi Setiawan, M.Hum dan Bapak Ahmad Marzuki, S.Pd. Usai pementasan beliau berdua naik ke atas panggung dan menyalami seluruh panitia. Tak lupa mereka berterimakasih kepada seluruh panitia sehingga pementasan ini berjalan dengan baik. Teater An, nama teater kelas A Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY angkatan 2013 sudah mempersembahkan kemampuan terbaik mereka untuk pementasan ini, selamat! (Devi)