KMSI UNY Isi Workshop Kepenulisan di Dusun Kamal

FBS-Karangmalang. Tim dari KMSI UNY mengisi workshop kepenulisan di Dusun Kamal, Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, Sabtu (8/4). KMSI diundang sebagai pemateri dalam workshop tersebut dalam serangkaian acara bertajuk “SOUL#1: Sowan Srawung Alugara”, yang diadakan dalam rangka peluncuran Dusun Kamal sebagai kampung wisata.

KMSI menyampaikan materi tentang dasar-dasar sastra dan diikuti latihan penulisan kreatif yaitu penulisan puisi dan prosa fiksi (cerpen). Workshop kepenulisan tersebut diikuti oleh siswa-siswi SMA/K di Wates, seorang mahasiswi kesehatan, dan anak-anak kecil warga Kamal. Bertempat di Lumpang Kenteng—sebuah situs bersejarah di Kamal—tim dari KMSI membagikan hasil belajar mereka di kampus dan berdiskusi dengan peserta workshop.

Selain workshop kepenulisan, serangkaian acara “SOUL#1” juga diisi oleh workshop pembuatan jamu, workshop jathilan, workshop kerajinan bambu oleh Sanggar Pamong, dan lain-lain. Serangkaian pertunjukkan turut meramaikan acara tersebut, mulai dari tari angguk, pentas musik bambu oleh Sanggar Pamong, monolog, musikalisasi puisi oleh Sasmita KMSI, layar tancep yang menampilkan karya-karya sineas lokal, dan diakhiri dengan pentas teater “Titik Temu”.

Acara peluncuran kampung wisata Kamal diorganisir dengan kerja sama Pemerintah Desa Karangsari dan Bengkel Seni Alugara. (Ikhsan Abdul Hakim)