Kunjungan Tim PKL Universitas Negeri Gorontalo ke FBS UNY

FBS-Karangmalang. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY kembali menerima kunjungan dari Tim PKL jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo, Kamis (18/02). Kunjungan tersebut diikuti oleh 64 mahasiswa semester enam dan 4 pembimbing. Tamu dari Universitas Negeri Gorontalo tersebut diterima oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di ruang Seminar Gedung Kuliah I lantai dua pukul 09.00 WIB. Kunjungan tersebut merupakan modal awal bagi mahasiswa PBSI Gorontalo dalam penulisan judul skripsi.

Acara dibuka oleh pembawa acara dan diawali dengan sambutan dari Dr. Asna Entelu, M.Hum yang merupakan salah satu pembimbing kunjungan tersebut. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang perguruan tinggi terkenal di Indonesia. Sebelumnya, Kunjungan ini juga menjadi salah satu sarana untuk melakukan praktik untuk mata kuliah yang berkaitan dengan pembelajaran keterampilan bahasa Indonesia.

Selanjutnya, acara diisi dengan diskusi dan sharing yang mengusung tema pelestarian bahasa daerah. Masyarakat Gorontalo, khususnya para pelajar merasa malu untuk menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar. Ahmad selaku perwakilan dari HIMA PBSI UNY yang merupakan ketua HIMA, mengaku terkejut dengan diskusi yang terbilang serius, karena dalam kunjungan yang pernah dilakukan sebelumnya hanya diisi dengan diskusi santai tentang jurusan PBSI atapun tentang keorganisasian HIMA PBSI. Namun, dengan pengetahuan yang dimiliki, kawan-kawan PBSI UNY berusaha mengikuti diskusi dengan baik. Sehingga diskusi dapat berjalan dengan lancar dan saling bertukar wawasan pengetahuan dan pengalaman. Semua peserta diskusi sangat antusias, terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan saling menanggapi.

Sebelumnya, Universitas Negeri Gorontalo pernah melakukan kunjungan serupa pada tahun 2010. Pihak Universitas Negeri Gorontalo berharap hubungan antara jurusan PBSI UNY dan PBSI UNG tetap berlanjut. Acara ditutup dengan bertukar kenang-kenangan dan penampilan musikalisasi puisi dari Teater Mishbah yang membawakan 3 judul, yaitu “Perahu Napas – Rabu Pagisyahbana”, “Sebuah Buku Harian – Suminto A. Sayuti” dan “Hujan – Teater Mishbah”. Teater Mishbah adalah komunitas teater jurusan PBSI UNY. Kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi perpustakaan PBSI dan perpustakaan FBS. (Rahma Aisyah – Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2014)