Mahasiswa FBS UNY Terpilih Mengikuti Sail Nias 2019

FBS, KARANGMALANG - Akmal Setyo Nugroho, mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta berhasil terpilih mengikuti kegiatan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2019. Akmal berhasil terpilih mewakili DIY dalam KPN 2019 bersama dengan dua peserta lainny,a yaitu Amara Mulia Lumaku dan Aulya Nidaur Rahmah.

Mereka rencananya akan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk mempelajari dunia bahari. Program KPN membawa misi persahabatan dan kebudayaan dalam memperkenalkan potensi bahari. Tidak hanya itu, mereka nantinya juga akan bergabung mengikuti acara puncak Sail Nias yang dihelat di Nias Selatan, Sumatera Utara pada September mendatang. Pada Sail Nias ini akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Kepala Daerah, dan Kepala TNI AL.

“Sebanyak 102 pemuda perwakilan dari seluruh provinsi Indonesia akan mengikuti KPN Sail Nias ini,” kata Akmal, Rabu (31/7).

Akmal mengatakan proses seleksi KPN 2019 berlangsung cukup ketat. Setidaknya 70 peserta pemuda berusia 18-24 tahun ikut dalam seleksi di tingkat provinsi. Seluruh peserta harus melalui serangkaian tahap seleksi berkas, wawancara, dan karantina sejak 27 Mei–22 Juni 2019. Dari tahapan seleksi berkas, disisakan 50 peserta yang kemudian masuk dalam tes wawancara. Hingga tersisa 30 finalis dan 3 finalis terbaik akan dikirim mengikuti KPN 2019.

“Sangat senang dan bangga bisa terpilih serta dipercaya mewakili DIY di tingkat nasional,” ungkapnya.

Akmal berharap dalam kegiatan KPN 2019 tersebut dapat sukses mengemban misi memromosikan potensi seni dan budaya DIY kepada delegasi lainnya. Program ini menjadi tantangan bagi Akmal untuk lebih mengenal kekayaan bahari serta potensi kelautan Indonesia. []