Merintis Usaha Mahasiswa melalui Kantin Kejujuran FBS UNY

FBS-KARANGMALANG. Sosialisasi pengembangan wirausaha di perguruan tinggi tidak hanya dilakukan melalui pengajaran pada mata kuliah Kewirausahaan semata, melainkan dengan penerapan langsung di tengah masyarakat. Salah satu dukungan tersebut diberikan oleh Wakil Dekan II melalui Unit Produksi Kinarya yang memberikan fasilitas berupa lapak kantin kejujuran yang terletak di Gedung Kuliah I FBS UNY.

Seleksi berlangsung melalui display makanan dan minuman ringan yang dinilai langsung oleh tim dewan juri seperti Dekan, Wakil Dekan I, Kabag. Tata Usaha, Kasubag. Keuangan, dan Ketua Unit Produksi Kinarya FBS UNY. Pada seleksi kali ini dihadiri sebanyak 11 mahasiswa dari total 22 pendaftar mahasiswa hal ini dikarenakan jadwal seleksi yang bersamaan dengan jadwal perkuliahaan mahasiswa. Untuk itu tim Unit Produksi Kinarya memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang belum dapat hadir mengikuti seleksi agar dapat mengikuti seleksi di sesi selanjutnya. Rencananya, seleksi akan dilangsungkan untuk mendapatkan tiga nama mahasiswa yang akan menjadi pedagang di Kantin Kejujuran FBS UNY sehingga secara keseluruhan Kantin Kejujuran akan memiliki delapan pedagang dengan berbagai varian makanan dan minuman ringan. Pada Senin (18/09) terpilihlah lima nama mahasiswa yang lolos seleksi sebagai Pedagang Kantin Kejujuran FBS UNY, antara lain :

  • Apri Yuliana (Sastra Inggris)
  • Chandra Dwi Safitri (Sastra Indonesia)
  • Gusti Dhiya Afifah (Pendidikan Seni Tari)
  • Iffa Rohma Hidayah (Sastra Inggris)
  • Isnaini Nur Fajriyah (Pendidikan Bahasa Jerman)

Apri Yuliana mengungkapkan dirinya sejak SMP telah dilatih untuk berjualan, bersama Ibunya dia mulai merintis usaha dengan menjual hasil produksi makanan ringan ibunya, Yuliana berharap melalui Kantin Kejujuran ini dapat memperoleh kesempatan untuk mengembangkan usahanya lebih baik. Sebelum mengakhiri seleksi calon pedagang Kantin Kejujuran FBS, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. menyampaikan agar seluruh pedagang mahasiswa Kantin Kejujuran dapat menjaga mutu, kualitas dan mengurangi penggunaan bungkus plastik. Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd. juga berpesan agar kegiatan ini dapat menjadi rintisan berwirausaha bagi mahasiswa, namun tetap diharapkan kegiatan ini tidak mengganggu perkuliahaan. Kami ucapkan selamat bagi yang telah berhasil menjadi Pedagang Kantin Ungu FBS UNY periode kali ini. Sukses dan berkah! [arh]