Pelepasan Wisuda Mei 2017

FBS-Karangmalang. Pelepasan wisuda periode Mei 2017 dilaksanakan pada Jumat malam, 19 Mei 2017 di Ruang Seminar GK.I lantai 2 FBS UNY. Praacara dimulai pukul 18.00-18.30 yaitu registrasi oleh wisudawan wisudawati dengan orang tua/wali dan diiringi persembahan musik dari mahasiswa Pendidikan Seni Musik. Terlihat raut wajah yang sumringah dari wisudawan wisudawati yang akan melakukan prosesi yudisium dan keesokan harinya akan di wisuda.

Acara yang dipandu oleh Ghozali Saputra (Sastra Indonesia) dan Fabiola Valent Mahareza (PBSI) itu dimulai pukul 18.30 dengan persembahan Tari Putri Kartini oleh mahasiswa Pendidikan Seni Tari. Setelah persembahan tari tersebut dilanjutkan dengan laporan ketua panitia pelepasan wisudawan wisudawati periode Mei 2017 yaitu bapak Ahmad Wahyudin, M.Hum., dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan laporan terkait acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa ada 159 wisudawan wisudawati yang lulus dan 34 diantaranya berpredikat cumlaude.

Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan Dekan FBS UNY Dr. Widyastuti Purbani, M.A.  “Setelah yudisium mahasiswa mendapat gelar sarjana, artinya dengan gelarnya tersebut mahasiswa dapat melanjutkan ke S-2, atau mencari pekerjaan. Lalu untuk mahasiswa lulusan FBS UNY tidak boleh takut untuk melanjutkan ke S-2, dikarenakan banyak beasiswa yang bisa dicari” tutur Bu Dekan. Dan dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh wisudawan wisudawati untuk selalu menjaga nama baik UNY. “ Banyak sekali beasiswa yang bisa kalian dapatkan, dan jaga nama baik UNY” jelas Dr. Widyastuti Purbani, M.A..

Acara dilanjutkan dengan simbolisasi pelepasan wisudawan wisudawati, yaitu dengan pelepasan almamater dari alumni selanjutnya diberikan kepada ibu Dekan dan dari ibu Dekan menyerahkan kepada orang tua/wali. Hal itu sebagai simbol dilepaskannya wisudawan wisudawati kepada orang tua/wali.

Suasana haru terlihat ketika Rika Wijayanti, S.Pd., wisudawati cumlaude terbaik pada pelepasan wisudawan wisudawati kali ini dengan IPK 3,81 dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Wisudawati yang sering dipanggil Rika itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Fakultas Bahasa dan Seni dan Dosen yang telah membagi ilmu kepada mahasiswa. Ucapan yang hampir sama juga terlontar oleh Kholif Luqman Maulana, S.Pd., wisudawan cumlaude dengan IPK 3,77 dari prodi Pendidikan Seni Rupa.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh bapak Maryoto, orang tua dari Assabti Nur Hudan Ma’rufi, S.Pd., wisudawati cumlaude dengan IPK 3,73 dari prodi Pendidikan Seni Tari. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dosen dan Fakultas Bahasa dan Seni, dan berharap para wisudawan dan wisudawati bisa menjadi lebih baik.

Ditengah acara juga diisi oleh penampilan dari mahasiswa prodi Seni Musik, membawakan 2 buah lagu keroncong yang membuat malam itu semakin syahdu. Para hadirin terlihat terhibur melihat penampilan yang ciamik dari Ikhsan Prayogo dkk.

Pada akhir acara yaitu penyerahan kenang-kenangan kepada wisudawan wisudawati peraih IPK tertinggi oleh Kaprodi masing-masing. Penyerahan kenang-kenangan itu sebagai wujud apresiasi kepada wisudawan wisudawati terbaik sejurusan. Mereka adalah Rika Wijayanti, S.Pd (PBSI), Hernia Nirmala, S.Pd. (PBI), Hendrikus Setyo Adi, S.Pd. (PB Jerman), Anindya Rahma P, S.Pd. (PB Prancis), Galuh Purwandhani, S.Pd. (PB Jawa), Kholif Luqman Maulana, S.Pd. ( PS Rupa), Kardiyanto, S.Pd. (P Kriya), Agustin Mustikawati, S.Pd. (PS Musik), Budianing Dwi Nur Agus Tiana, S.Pd (PS Tari), Mareta Mafifah Eka Putri, S.S. (Sastra Indonesia), dan Tri Intan Mabruroh, S.S. (Sastra Inggris).

Ketika ditemui usai acara, Dekan FBS UNY memberikan pesan kepada seluruh wisudawan wisudawati. “Harapan saya yaitu wisudawan wisudawati tidak boleh berhenti dan harus meningkatkan kualitas diri dan keilmuannya dalam pekerjaan ataupun ketika studi lanjut” ujar Bu Dekan. Oleh: Ahmad Mahfudi (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2015)