PENGUMUMAN PEMENANG FESTIVAL DALANG CILIK X 2021

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Sabtu, (12/06/2021) Setelah 5 hari nonstop melakukan penilaian terhadap penampilan 32 dalang Cilik, Dewan Juri mengumumkan pemenangnya, yang dibacakan oleh ketua Panitia FDC X  Drs. Sukisno, M.Sn. sebagai berikut:

Tingkat SD:

Juara I: Satrio Ndaru Purwo Kusumo (SD Gayam I Sukoharjo) dg lakon: Sesaji Raja Suya.

Juara II: Sadu Pramesi (SD Gayam I Sukoharjo) dg lakon: Senapati Agung

Juara III: Daneswara Satya Swandaru (SD Kanisius Wonosari II) dg lakon Wiratha Parwa

Tingkat SMP

Juara I: Abimanyu Katon Wenang (SMP 1 Sukoharjo) dg lakon: Shinta Ilang

Juara II: Agung (SMP 3 Sukoharjo) dg lakon Pandawa Darma

Juara III: Nanda Galih Prasetya (SMP 1 Brigin Ngawi) dg lakon: Kikis Tunggarana

Selamat utk para pemenang. 

Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih utk semua dewan juri dan panitia yang telah mengawal Festival dari awal sampai berakhir sukses dengan jumlah penonton mencapai ribuan secara daring Live Streaming via kanal youtube Humas 2020 FBS UNY.

FDC ini benar-benar menjadi tanda bahwa bahasa dan sastra Jawa bangkit kembali, dan beliau optimis di masa mendatang generasi Dalang Cilik yang sudah dewasa akan memperkokoh dunia pedalangan tanah air. Lakon-lakon yang berat dengan bahasa Jawa dan Kawi yang tinggi saja mampu dibawakan dengan baik oleh anak SD dan SMP, jadi mereka merupakan potensi  pembawa budaya Jawa.

Diharap tahun depan dapat diselenggarakan FDC untuk tingkat SMA dan Mahasiswa juga, karena para dalang cilik ini setelah menginjak remja juga membutuhkan panggung untuk menampilkan kepiawaiannya, selain itu juga ada usulan bagaimana kalau diadakan juga Festival Kerawitan, supaya lengkap berdampingan dg Festival Dalang.(drsa)