Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Dana DRPM Tahun 2021

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Sebagai tindak lanjut sosialisasi Panduan Penelitian dan PPM Dana DIKTI yang diselenggarakan oleh LPPM beberapa waktu yang lalu, FBS UNY pada hari Selasa(20/10/2020) menyelenggarakan Workshop penulisan Proposal Penelitian yang diikuti oleh 98 dosen di lingkungan FBS UNY. 

Bertindak selaku narasumber acara workshop yaitu Prof. Dr. Wiyatmi, M.Hum, dan   Dr. Kastam Syamsi, M.Hum, Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  yang  telah berkali-kali berhasil lolos penelitian  DIKTI, baik Penelitian Desentralisasi maupun Kompetitif Nasional. Pada kesempatan ini beliau berdua membagikan pengalaman terkait angkah-langkah pengunggahan di laman Simlitabmas, persyaratan  formal yang harus dipenuhi,strategi dan kiat-kiat dalam memperjuangkan proposal agar dapat lolos dan sebagainya. Diharapkan agar para dosen dapat berhasil mengakses skim penelitian DIKTI yang pengajuan proposalnya akan ditutup tanggal 29 Oktober 2020 mendatang.

Wakil Dekan I FBS UNY Dr. Maman Suryaman dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa peryaratan formal yang harus dipenuhi sebagai ketua peneliti, seperti persyaratan harus memiliki Publikasi Scopus telah mengakibatkan penurunan jumlah judul penelitian dari tahun 2018-2019, sehingga diharapkan tahun 2021 perkembangan penelitian Hibah Kompetitif Nasional yang dapat diraih FBS UNY  meningkat sehingga kita perlu antisipasi.

Ketua LPPM Dr. Suyanta, M.Si. juga hadir pada worshop yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting tersebut, dan dalam arahannya antara lain menjelaskan pentingnya Roadmap penelitian, yang merupakan rekam jejak penelitian yang telah, sedang dan yang akan dilakukan oleh peneliti.

Pertemuan berikutnya direncanakan akan lebih intensif, apabila perlu setiap hari akan diselenggarakan meeting koordinasi via daring dan sudah difokuskan ke konsultasi proposal sesuai skim yang akan diambil. Para narasumber menyatakan kesediaan untuk mendampingi para pejuang proposal agar makin banyak dosen FBS yang berhasil meraih Penelitian dana DIKTI. (drsa)