Pelepasan Wisuda Periode November 2016

FBS-Karangmalang. Tenda dan ratusan kursi sudah mulai dipasang disekitar pendopo Tejokusumo sejak siang tadi. Seperti biasanya, hujan mendera kota Yogyakarta dan sekitarnya sore itu. Pun tak menurunkan ritme gerak para petugas pemasang tenda dan panitia acara pelepasan wisuda periode November yang akan dilaksanakan lepas maghrib (25/11) nanti. Sekitar pukul enam sore, panitia yang terdiri dari staff PLA, dosen dan mahasiswa sudah berjajar rapi didepan meja registrasi untuk menyambut wisudawan/ti dan pendampingnya yang mulai berdatangan. Sembari menunggu acara dimulai, beberapa mahasiswa Pendidikan Seni Musik mempertontonkan kebolehannya dalam menampilkan beberapa lagu baik pop, keroncong hingga lagu barat untuk para wisudawan/ti dan pendamping yang telah hadir. Tak mau kalah, 4 mahasiswi Pendidikan Seni Tari pun juga menyajikan sebuah tarian kepada para wisudawan/ti dan pendampingnya sebagai tanda dibukanya acara pelepasan wisuda periode November malam itu.

Tepat pukul 18.45 WIB, Ismadi, M.A. sebagai ketua panitia naik ke podium untuk melaporkan data statistik wisudawan/ti yang dilepas pada malam itu. Dalam laporannya, Ismadi mengatakan total ada 276 yang akan diwisuda esok hari. Angka itu terdiri dari 42 orang dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dimana 17 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, 26 orang dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris dimana 8 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, 19 orang dari program studi Pendidikan Bahasa Jerman, 34 orang dari program studi Pendidikan Bahasa Jawa dimana 22 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, 27 orang dari program studi Pendidikan Seni Rupa dimana 4 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, 23 orang dari program studi Pendidikan Seni Kriya dimana 11 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, 39 orang dari program studi Pendidikan Seni Musik dimana 4 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, 9 orang dari program studi Pendidikan Seni Tari dimana 2 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, 20 orang dari program studi Sastra Indonesia dimana 11 orang diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude, dan yang terakhir dari program studi Sastra Inggris meluluskan 12 orang dengan 3 diantaranya lulus dengan predikat Cum Laude.

Dalam sambutannya, Dekan FBS UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A., mengatakan berpesan kepada para calon wisudawan/ti yang esok akan diwisuda agar tak berhenti belajar, karena perjuangan tidak berhenti ketika lulus saja. Ia juga berpesan kepada mereka agar menjadi pembelajar hingga akhir hayat mereka karena ilmu itu tidak pernah berhenti untuk berkembang. Ia juga berterimakasih kepada para orangtua wisudawan/ti karena telah mempercayakan putra/i nya untuk dididik di kampus ungu. Sebagai penutup, Bu Wid mengucapkan selamat kepada para orang tua yang telah berjuang sedemikian rupa hingga putra/i nya bisa lulus dan diwisuda esok hari.

Acara dilanjutkan dengan sambutan wakil wisudawan/ti oleh Anto, S.S sebagai peraih IPK tertinggi yakni 3,80. Ia mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada para dosen dan jajaran dekanat karena berkat mereka, ia dan kawan-kawannya bisa berada pada titik ini. Ia juga mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh warga FBS UNY yang telah menjadi bagian penting perjalanan dalam menuntut ilmu di FBS UNY.

Dalam acara pelepasan ini juga diselipkan penyerahan penghargaan prestasi mahasiswa tahap IV. Mereka adalah mahasiswa lintas angkatan yang telah berhasil menyematkan nama besar FBS UNY di berbagai kejuaraan tingkat universitas. Setelah acara penyerahan penghargaan kepada alumni peraih IPK tertinggi/terbaik di prodinya masing masing oleh para ketua jurusan, acara malam itu ditutup dengan foto bersama jajaran dekanat dan seluruh wisudawan/ti secara bergantian menurut program studi mereka masing masing. (Reza)