JALIN KERJASAMA DENGAN PEJABAT PENDIDIKAN DAERAH KLANG, MALAYSIA

FBS-KARANGMALANG. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) menjalin kerjasama dengan Pejabat Pendidikan Daerah Klang, Selangor, Malaysia. Kesepakatan kerjasama dalam bidang pendidikan bahasa dan seni tersebut ditandatangani dalam acara lawatan persatuan guru bidang studi Bahasa Melayu tingkat sekolah menengah umum Daerah Klang, Selangor, Malaysia ke FBS UNY pada Jumat (22/9/2017). Diterima di ruang sidang PLA lantai 2 FBS UNY, para pejabat pendidikan daerah (PPD) Klang mendiskusikan perihal pengajaran bahasa di jenjang sekolah menengah umum.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan III FBS UNY, Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd., Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI FBS UNY), Dr. Wiyatmi, M.Hum., sekretaris Jurusan PBSI FBS UNY, Kusmarwanti, M.A., Ketua Unit Kerjasama dan Humas FBS UNY, Nuning Catur Sri Wilujeng, M.A., serta dosen PBSI FBS UNY, antara lain Dr. Else Liliani, M.Hum., Dr. Ari Kusmiatun, M.Pd., dan Ary Kristiyani, M.Hum. “Sebenarnya, lawatan kami ini merupakan bagian dari Program Lawatan Penanda Aras yang diselenggarakan Pejabat Pendidikan Daerah Klang,” ungkap Zuhairi bin Auzai, penolong PPD Kokurikulum Akademik, selaku pimpinan rombongan.

Dalam lawatan tersebut disepakati poin-poin kesepakatan dalam pengajaran bahasa dan seni. Poin kesepakatan tersebut adalah peningkatan penggunaan bahasa Melayu, kerjasama dalam bidang bahasa dan seni, peningkatan kualitas guru, pertukaran gagasan, dan penyelenggaraan kompetisi akademik dalam bidang bahasa. “Lawatan dan kerjasama seperti ini sangat penting. Kita tidak hanya belajar dari tempat lain, tetapi sekaligus membuka peluang bagi FBS UNY untuk berkontribusi pada cakupan yang lebih luas, terutama dalam pengajaran bahasa,” ungkap Kusmarwanti, M.A., selaku Sekretaris Jurusan PBSI FBS UNY. [dby]