PENTAPER 2016 “LA NUIT BLANCHE”

FBS-Karangmalang. Jum’at (16/12) telah dilaksanakan PENTAPER (Pentas Akhir Kepengurusan) di Lab. Karawitan FBS UNY. PENTAPER yang dahulu bernama PIRAUN (Pentas Akhir Tahun) merupakan salah satu acara tahunan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis UNY pada penghujung tahun. Diadakannya pergelaran ini bertujuan sebagai wahana bagi mahasiswa untuk belajar bekerja sama dalam kepanitian dan juga sebagai ajang apresiasi kesenian melalui ketiga komunitas kesenian dalam jurusan Pendidikan Bahasa Prancis. Dalam pagelaran akhir tahun ini, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis mengusung acara dengan tema “La Nuit Blanche” dengan konsep visual La Fête de Lumiére.

La Nuit Blanche merupakan salah satu perayaan tahunan festival seni yang diadakan semalam suntuk. Perayaan ini biasanya diadakan di kota-kota besar negara francophone dan di negara-negara Eropa. Ungkapan La Nuit Blanche diberikan pada negara-negara yang memiliki garis lintang tinggi pada saat matahari berada di jarak terjauh dengan bumi. Pada momentum tersebut, matahari terbit lebih awal dan tenggelam lebih larut sehingga malam terkesan lebih panjang.

Perayaan La Nuit Blanche ini menjadi ajang untuk orang-orang berkumpul menghabiskan waktu bersama, bersenang-senang serta membagi keunikan dan aspek kreatifitas dalam atmosfer yang syarat akan kesenian dan hal-hal baru yang selalu digali. Perayaan ini juga difungsikan sebagai tempat menuangkan kemampuan para seniman yang turut ikut serta dalama acara ini. Acara ini gratis dan biasa diadakan tahunan dipenghujung musim panas dan awal dari musim gugur.

Dalam festival kesenian yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis, penonton disuguhkan berbagai penampilan dari para seniman komunitas yang ada di jurusan Pendidikan Bahasa Prancis. Mulai dari alunan harmoni dari para musisi “Hipercoustique”, serunya pertunjukan drama dari “Théâtre Maintenant” serta indahnya lenggokan dari para penari “Jolie Danse”. Penampilan tersebut menjadi perpaduan yang apik antara kebudayaan Prancis dan keindahan budaya Indonesia yang modern. (amaliaiswandini)