Profesor HUE Jepang Belajar Pengajaran Bahasa ke FBS UNY

FBS-KARANGMALANG. Tiga orang dosen dari Hokkaido University of Education (HUE), Jepang pada Kamis (7/9/2017) melakukan studi banding ke program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY). Ketiga dosen tersebut adalah Prof. Ryuichi Yorozuya , Prof. Akinobu Shimura, dan Kimiko Yorozuya. Diterima di ruang seminar GK I FBS UNY, ketiga dosen dari Negeri Sakura tersebut menggali proses pengajaran Bahasa Inggris di prodi PBI FBS UNY. “Kami ingin belajar sekaligus membandingkan pengajaran bahasa, antara di Hokkaido University of Education (HUE) dengan di sini,” ungkap Akinobu Shimura, selaku Associate Professor of English Education HUE.

Dalam kesempatan tersebut, ketiga dosen dari HUE Jepang berdiskusi tentang pengajaran bahasa dengan para dosen serta diikuti juga oleh testimony dari 5 (lima) mahasiswa PBI. Selain menanyakan proses pembelajaran secara umum, para dosen tersebut juga ingin mendapatkan gambaran utuh tentang proses pembentukan guru bahasa Inggris di prodi PBI FBS UNY. Sukarno, M.Hum., selaku Ketua Jurusan PBI, menjelaskan tahap-tahap magang yang dilakukan untuk memantapkan penguasaan kompetensi mahasiswa. Selain mendapat penjelasan dari para dosen, ketiga dosen dari HUE Jepang tersebut juga mendapatkan pemaparan dari para mahasiswa terkait pengalaman mereka mengikuti perkuliahan dan program magang.

“Kesan saya mahasiswa prodi PBI FBS UNY lebih berani dan percaya diri untuk mengajar bahasa Inggris,” ungkap Prof. Yorozuya Ryuichi, seusai menyimak penjelasan para mahasiswa. Prodi PBI FBS UNY memang merancang para mahasiswa mengikuti tiga tahap magang. Magang tahap pertama dilakukan di semester lima pada matakuliah English Instructional Technology. Magang tahap kedua dilakukan melalui program micro teaching dan magang tahap ketiga, dilaksanakan melalui program Praktik pengalaman Lapangan (PPL).

“Ini adalah permulaan yang baik untuk merintis kerjasama lebih lanjut antara HUE Jepang dengan FBS UNY,” ungkap Dekan FBS UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. Adanya sejumlah kesamaan membuka peluang dijalinnya kerjasama berupa pertukaran mahasiswa (student exchange), alih kredit (credit transfer), dan penelitian (joined research). “Peluang-peluang ini akan kami tindaklanjuti dengan komunikasi intensif pasca pertemuan ini,” tambah Nuning Catur Sri Wilujeng, M.A., selaku Ketua Unit Kerja Sama dan Humas FBS UNY. [dby/anjr]