SARASEHAN PRAKTISI BIPA JOGJA

FBS-Karangmalang. Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) semakin menjadi buah bibir di kalangan akademisi, terlebih dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sangat tepat kiranya jika Asosiasi Pengajar dan Pengiat BIPA (APPBIPA) Yogyakarta menjadikannya sebagai tema dalam kegiatan SAPABIPA JOGJA#1 atau “Sarasehan Praktisi BIPA Jogja”. Tagar (#1) memang karena kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh APPBIPA Yogyakarta yang dinahkodai  oleh Drs. Suharsono, M. Hum. Kegiatan kali pertama ini diikuti oleh lebih dari 240 peserta yang terdiri dari berbagai institusi negeri dan swasta, baik universitas, institut maupun lembaga bahasa. Peserta sendiri terdiri dari para pengajar dan pegiat BIPA yang sudah berpengalaman di dalam maupun di luar negeri, mahasiswa S1, S2, dan S3, baik yang berasal dari Indonesia ataupun luar Indonesia.  Acara yang berlangsung  di Ruang Seminar  PLA lantai 3 tersebut bener-benar ramai dan sukses.

SAPA BIPA dimulai tepat pada jam 13.30 (26/2), dengan tujuan sebagai cerminan bahwa dalam hal waktu, pengajar dan pegiat BIPA harus tepat waktu. Acara dibuka oleh ketua APPBIPA yang juga sekaligus memberikan Sosialisasi APPBIPA dan Informasi Keanggotaan APPBIPA. Ibu Dr. Widyastuti Purbani, M.A. selaku Dekan FBS dalam sambutannya sebagai tuan rumah mengatakan kegembiraannya menyambut peserta SAPABIPA ini.  Acara dilanjutkan dengan dialog Ke-BIPA-an: Teori dan Praktik yang merupakan acara inti dari kegiatan siang hari itu. Dialog menghadirkan Dr. Widyastuti Purbani, M.A. dari UNY yang telah berkiprah di ranah BIPA lebih dari 20 tahun, juga Sudaryanto, M.Pd.,  dari Universitas Ahmad Dahlan. Dialog ini melahirkan banyak pertanyaan, ide, sharing yang memang merupakan tujuan dari SAPABIPA ini sebagai modal penyelenggaraan SAPABIPA#2.

Beberapa peserta yang merupakan alumni dari dari institusi yang sama namun saat ini berkiprah di institusi lain mengatakan bahwa SAPABIPA ini bisa diibaratkan sebagai “Reuni Nasional”. Peserta pulang dengan membawa sertifikat keikutsertaannya dalam acara ini. Sampai bertemu di acara SAPABIPA#2. (WILUJENG)

Tags: