Seminar Akademik dan Workshop bersama Dr.Dat Bao

FBS-KARANGMALANG. Pada hari Jumat tangal 22 September 2017 telah diselenggarakan Seminar Akdemik dan Wokshop bersama Dr.Dat Bao yang bertemakan “Material Development in English language Teaching and Teaching English Creativly”. Peserta seminar akademik dan workshop berasal dari mahasiswa program saarjana jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Antusiasme para mahasiswa dapat terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar dan juga partisipasi mahasiswa selama kegiatan berlangsung.

Para peserta kuliah umum berasal dari mahasiswa program Magister Linguistik Terapan yang saat ini sedang pada semester tiga dan semester satu pada PPs UNY. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang hadir dan partisipasi selama kegiatan berlangsung. Dat Bao, Ph.D tidak hanya bisa menyampaikan materi yang diajarkan tetapi juga bisa mengajak para peserta untuk ikut terlibat dalam acara yang berlangsung cukup singkat ini. Para peserta terpacu untuk terlibat dalam acara dikarenakan materi yang disampaikan Dat Bao, Ph.D sangat menarik dan interaktif.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara dilanjut dengan sambutan dan pembukaan acara oleh Sukarno, S.Pd., M.Hum. ketua jurusan Pendidkan Bahasa Inggris. Selain memberikan sambutan dan membuka acara, beliau juga memberikan pesan-pesan kepada para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV dari Dr,Dat Bao lalu masuk ke acara inti yaitu, seminar dan workshop dari Dr,Dat Bao Seminar akademik dan workshop ini terbagi dalam dua sesi. Pada sesi pertama Dr.Dat Bao memaparkan materi yg berjudul “Language Curriculum: Approaches to Syllabus Design”. Dalam sesi pertama ini, Dr.Dat Bao mengawalinya dengan mengajak para mahasiswa untuk mendiskusikan konsep silabus dan membandingkannya dengan kurikulum. Para mahasiswa sangat antusias dalam memberikan pendapat mereka tentang konsep kurikulum begitu pula dengan Dr. Dat Bao yang sama antusiasnya mendengar pendapat dari para mahasiswa. Pada setiap akhir diskusi, Dr.Dat Bao memberikan hadiah kepada mahasiswa yang telah memberikan pendapatnya. Setelah memaparkan penjelasan tentang peta konsep dari silabus, Dr. Dat Bao mengajak mahasiswa menelaah dan membahas contoh-contoh silabus.

Pada sesi kedua Dr.Dat Bao memaparkan materi tentang “Materials Production: Creative use of Photograph” dan menjelaskan tentang beberapa prinsip dari visual pedagogy, hubungan antara fotografi dan berpikir kreatif, dan aktivitas penggunaan foto yang kreatif. Di bagian akhir para peserta diajak turut ikut dalam kegiatan interaktif, dimana Dr.Dat Bao mengajak mahasiswa mendiskusikan makna dari foto-foto yang ditampilkan lalu mengajak mahasiswa melakukan role-play dan memberikan pendapat mereka tentang fot terkait. Pada akhir acara seminar akademik dan workshop, Dr. Dat Bao menutupnya dengan menyanyikan lagu karangannya bersama pembawa acara dan salah satu mahasiswa. Dr. Dat Bao memberikan penjelasan yang dapat mudah dimengerti oleh mahasiswa dan membawakan materi dengan kretif, dimana Dr. Dat Bao membacakan puisi dan menyanyikan lagu karangannya. Acara ini membawa banyak manfaat dan pengetahuan tentang cara mengajar bahasa inggris secara kreatif bagi para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. (Devania Mandalika Hagi. Pendidikan Bahasa Inggris)