SMA N 1 BATANG BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KE FBS UNY

FBS-KARANGMALANG. Empat puluh tujuh orang rombongan SMAN 1 Batang, Jawa Tengah, yang terdiri dari 32 orang siswa dan 16 orang guru, Selasa (12/09) mengunjungi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY. Kunjungan yang ditujukan untuk belajar kewirausahaan ini merupakan bagian dari program SMA Rujukan. SMA Rujukan merupakan sekolah yang telah memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan mengembangkan program keunggulan sesuai dengan potensi sekolah dan kebutuhan masyarakat. “Kunjungan kali ini ke FBS UNY kami tujukan untuk menambah wawasan siswa tentang pelaksanaan pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi,” ungkap Kepala Sekolah SMA N 1 Batang, Siti Ismuzaroh, S.Pd., M.Pd.

Program Studi Pendidikan Kriya Fakultas Bahasa dan Seni menjadi tujuan kunjungan belajar bagi rombongan SMAN 1 Batang. Sebelumnya rombongan diterima di Ruang Seminar PLA lantai 3 untuk mendapat penjelasan tentang proses pembelajaran dan penumbuhan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa. “Para mahasiswa didorong untuk memiliki jiwa entrepreneur yang kokoh. Terlebih saat ini, industri kreatif sedang ditumbuhkan. Para mahasiswa tidak sekedar ditempa daya kreativitas berkaryanya, tetapi juga ditumbuhkan jiwa kewirausahaannya melalui kuliah kewirausahaan dan program-program penunjang lainnya,” jelas Dwi Budiyanto, M.Hum., selaku koordinator humas FBS UNY.

Selanjutnya, dari gedung PLA lantai 3, rombongan mengunjungi bengkel kerja mahasiswa di lingkungan Gedung Kuliah IV dengan dibersamai Ismadi, M.A., selaku dosen prodi Pendidikan Kriya. Dalam kesempatan tersebut rombongan melihat dari dekat proses kreatif mahasiswa di studio keramik, studio patung, laboratorium kayu, laboratorium logam, laboratorium tekstil, laboratorium grafis, dan galeri seni. [anjar]

Dokumentasi lainnya di sini.